Musim Hujan, Perbanyak Konsumsi Makanan dan Minuman Pencegah Flu

fitriandiani27 Nov 2018, 14:00 WIB
Makanan dan minuman pencegah flu

Fimela.com, Jakarta Penghujung tahun seperti ini curah hujan sudah mulai tinggi, sudah waktunya kita semua menyesuaikan diri dengan cuaca dingin dan kondisi sekitar yang hampir selalu basah.

Jangan sembarang, tubuh juga perlu dipersiapkan untuk menghadapi musim hujan. Perkuat imun dengan makan makanan sehat, istirahat cukup, dan mengonsumsi vitamin jika perlu.

Musim hujan begini, penyakit yang paling sering dan mudah menghinggapi adalah flu. Sepele, memang. Tapi dampaknya seperti kepala pusing, demam, lemas, dan mata berair bisa sangat mengganggu aktivitas.

Makanan dan minuman di bawah ini sepertinya cukup jadi bekal untuk memperkuat tubuhmu menghadapi musim hujan biar jauh-jauh dari flu. Semuanya bahan sehat dan alami, jadi tak ada salahnya dicoba!

 

2 of 3

Jahe

Jahe
Ilustrasi jahe (iStockphoto)

Dingin-dingin, minum yang hangat memang paling nyaman! Jahe ini salah satunya. Mau dicampur dengan teh atau diramu begitu saja, jahe sangat bisa diandalan ketika tubuh mulai terasa tidak enak.

Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang mampu mencegah berkembangnya virus dalam tubuhmu. Selain untuk obat, madu juga bisa dikonsumsi sebagai tindak pencegahan.

Lemon

Yang dibutuhkan tubuh untuk menangkal virus-virus flu yang siap menerjang adalah vitamin C, dan lemon adalah sumber vitamin C terbaik. Ia juga mampu menetralisir radikal bebas yang buruk bagi tubuh. Yuk, sisipkan lemon di hari-harimu!

3 of 3

Bayam

Ilustrasi Bayam (iStock)
Ilustrasi Bayam (iStock)

Kandungan vitmin, mineral, folat, zat besi serta kalsium dalam bayam baik untuk menjaga tubuh tetap fit. Bayam juga mampu menjaga daya tahan tubuh. Kukus atau tumis saja bayam agar kandungan nutrisinya terjaga.

Yogurt

Probiotik yang ada di dalam yogurt mampu menjaga imun tubuh dari bakteri jahat. Minumlah yogurt murni sesering mungkin selama musim hujan agar tubuh tidak terserang flu!

Lanjutkan Membaca ↓