Sukses

Lifestyle

Melepas Bayang-bayang Si ‘Bayangan’ #TanyaSETIPE

#TanyaSETIPE adalah pertolongan pertama pada kegalauan hati para manusia di muka bumi ini. Moto sekaligus tema yang kami usung adalah “Keadilan hati harus ditegakkan, karena tidak sesuai dengan pri kemanusiaan dan pri kegalauan.” Kami percaya, bahwa kebahagiaan itu sendiri haruslah dibudidayakan dan dilestarikan eksistensinya. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memberi kami seribu cerita curcol (baca: curhat colongan) kalian, niscaya akan kami guncangkan dunia!

Klien: R di Solo

Aku mengenal Mr. H sejak aku duduk di bangku kelas 2 SMA. Usianya terpaut 3 tahun lebih tua denganku. Awalnya kami hanya berteman saling tukar cerita. Dia curhat tentang ceweknya dan dia juga tau kalau aku sudah punya pacar. Saat itu aku baru jalan dengan pacarku 3 bulan. Lama kelamaan, aku rasa ada yang beda dengan hubunganku sama dia yang katanya “TEMAN”.

Dengan perhatiannya yang melebihi pacarku, aku mengaguminya. Aku mulai suka sama dia. Dia pun merespon perhatianku. Aku semakin bingung dibuatnya. Kemudian dia tidak ada kabar, setelah aku benar-benar mengharapkannya. Aku kembali fokus dengan hubungan yang jelas yang sedang aku jalani dengan pacarku. Pacarku usianya terpaut 5 tahun lebih tua dariku. Waktu berjalan, aku sudah lulus dan melanjutkan kursus. Aku memutuskan untuk mengakhiri hubunganku dengan pacarku. Karena aku merasa masih mengharapkan Mr.H yang sudah tidak ada kabar sebenarnya.

Pada suatu ketika, dia menghubungiku dan meminta maaf. Dan kejadian selalu terulang seperti itu. Dia menghilang dan kemudian kembali lagi seolah dia tidak bersalah. Jujur, aku tahu jika dia itu sudah punya kekasih. Dan aku tau dia begitu mencintai kekasihnya melalui akun sosial medianya. Tapi kenapa dia pernah menyatakan ingin memiliku juga? Aku ingin mecoba melupakan dia. Aku ingin beraktivitas tanpa bayang-bayang dia. Sampai saat ini pun aku rasa perasaan itu masih ada dan terlanjur dalam. Saya harus bagaimana?

(vem/setipe/yel)

Analisa Terhadap Curhat R

Halo Rizka! Permasalahan yang Anda hadapi mungkin adalah dampak dari masih adanya serpihan-serpihan harapan yang terselubung di sudut hati dan pikiran Anda, terhadap sosok si Mr. H tersebut. Sosok Mr. H yang belum pernah Anda miliki seutuhnya, mungkin sudah bertranformasi menjadi bayang-bayang yang selalu membayangi kehidupan Anda beberapa tahun belakangan ini. Eksistensi Mr. H yang datang dan pergi juga mungkin membuat Anda merasa semakin tertantang dan semakin penasaran dengan apa yang sekarang ada di benak Mr. H tersebut.

Di sisi lain, SETIPE mengerti akan pertarungan hati antara hati dan pikiran Anda sudah semakin memanas akibat perlakuan Mr. H yang sekarang sudah memiliki kekasih, namun tetap memberikan secercah harapan kepada Rizka sendiri.

Tenang saja, SETIPE yang sayang sekali sama Rizka, akan membantu Rizka dalam memecahkan masalah ini!

Solusi Realistis Untuk R

Untuk memecahkan masalah yang Anda hadapi dan berhasil keluar dari jebakan bayang-bayang Mr. H, ada 3 hal yang harus Anda lakukan:

1. ‘Habisi’ bayangannya dengan merasionalisasikan situasi

Bayangan yang hadir bisa Anda pangkas habis dengan tidak menerka-nerka situasi yang terjadi di balik pemikiran dan perasaan si Mr. H tersebut. Fokus terhadap suatu kemungkinan yang logis dan tanamkan pemikiran logis itu secara berulang-ulang, terutama ketika dia hadir di benak Anda. Lama kelamaan, pemikiran tersebut akan menjadi mindset yang akan menampar Anda jika terjebak di dalam situasi semacam ini (baca: belajar dari pengalaman).

Dislike: “Mungkin dia tidak betah dengan pacarnya dan ingin kembali kepadaku?”

Like: “Rizka, dia tidak pernah hadir, dia semu dan sudah memiliki yang lain. Anda mau terus seperti ini?

Tapi faktanya, seringkali kita butuh diingatkan untuk merasionalkan situasi yang kita hadapi. Solusinya, bagi beban Anda dengan orang yang dapat Anda percaya (bisa jadi ke Setipe *wink), dengan begitu Anda akan jauh merasa lebih lega!

2. Cintai diri Anda terlebih dahulu

Terkadang karena terlalu sibuk mencintai orang lain, kita melupakan esensi dari mencintai orang lain, yang sesungguhnya adalah bagian dari mencintai diri kita sendiri. Jadi, bahagialah dengan cara Anda sendiri. Lakukan kegiatan yang Anda sukai, gapai semua hal yang ingin Anda capai di dalam hidup Anda, serta sibukkan diri Anda dengan semua mimpi-mimpi yang Anda kesampingkan akibat rasa sakit di dada Anda. Niscaya, mata Anda akan terbuka lebih lebar!

3. Konsisten!

Pemecahan masalah yang Setipe berikan takkan ada gunanya jika Anda tidak dapat konsisten dalam menerapkannya. Untuk menjadi pulih seutuhnya memanglah membutuhkan waktu yang tak sebentar. Jadi, awali hari Anda dengan pikiran-pikiran positif, serta konsumsi sarapan sehat untuk membekali diri Anda agar jiwa dan raga Anda sehat setiap saat! Ingat poin 1 jika Anda mendadak lupa ingatan dan melakukan rutinitas ‘menyakiti diri Anda’ seperti dahulu kala.

Bagaimana? Apakah #TanyaSETIPE pada hari ini dapat mencerahkan pikiran dan hati Anda yang kelam? Apakah Anda memiliki masalah yang sama atau serupa dengan apa yang Rizka hadapi? Berbagilah masalah Anda kesini (email untuk curhat dari Vemale).

Atau malah, Anda sudah siap untuk melupakan masa lalu yang pahit dan membuka lembaran baru? Bedah Setipe.com, mungkin ini jawaban untuk Anda.

-oOo-

Buat Anda yang ingin curhat tentang cinta gratis dengan tim psikolog dari Setipe.com, boleh banget kirim curhatan Anda ke redaksivemale@kapanlagi.net dengan subjek email CURHAT VEMALE. Sertakan nama, usia dan kota tempat tinggal. Yuk curhat..

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading