5 Tips Mudah Merawat Kulkas

Fimela21 Mei 2015, 18:30 WIB
Foto: copyright Thinkstockphotos.com

Kulkas merupakan barang elektronik yang penting dalam sebuah rumah, Anda pasti memiliki kulkas di rumah Anda. Kulkas dapat menyimpan makanan dan minuman Anda sehingga tetap segar dan tahan lama. Di samping segala hal yang mampu dihasilkannya, Anda juga perlu melakukan perawatan agar dapat tetap bekerja dengan baik. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk merawat kulkas Anda seperti yang dilansir oleh womentips.co

    Bersihkan kondensor

    Selain membersihkan interior kulkas, eksteriornya pun juga harus Anda bersihkan. Cabut aliran listrik lalu bersihkan kondensor yang berada di belakang kulkas agar bebas dari debu. Hal tersebut dilakukan agar proses pelepasan panas yang dilakukan bisa maksimal. Jangan lupa memberikan jarak dinding dengan kulkas saat mengembalikannya ke posisi semula.

    Jaga suhu

    Suhu ideal freezer adalah nol derajat Fahrenheit. Anda bisa mengujinya dengan menaruh termometer di cangkir berisi minyak dalam freezer selama satu malam. Jika suhunya masih hangat, Anda harus menurunkan suhu freezer. Cek juga karet kulkas Anda, jika karet tersebut sudah tidak berfungsi dengan baik, segera diganti. Karena itu bisa mempengaruhi suhu dalam kulkas.

    Bersihkan interior

    Bersihkan interior kulkas Anda setidaknya 3 kali dalam setahun. Anda tidak perlu mematikan kulkas, Anda dapat menggunakan busa dan cairan pembersih piring untuk membersihkannya. Jika kulkas Anda beraroma tidak sedap, Anda dapat menggunakan baking powder yang dilarutkan di air.

    Simpan botol air

    Kulkas akan melakukan pendinginan agar suhu di dalamnya tetap seperti yang Anda atur. Jika kulkas kosong maka kulkas akan bekerja lebih ekstra dalam mempertahankan suhu. Oleh karena itu menaruh botol air dalam kulkas mampu membantu menjaga suhu kulkas sekaligus hemat energi.

 Mudah bukan langkah-langkah untuk merawat kulkas Anda? Dengan melakukan perawatan secara rutin maka kerja kulkas Anda akan maksimal.

 

(vem/hws)