Sukses

Lifestyle

Hindari Kerja Lembur dengan 3 Trik Mudah Ini!

Kerja lembur atau kerja hingga larut malam selama berhari-hari bisa membuat Anda stres dan tertekan. Kerja pun jadi tak lagi membuat Anda nyaman dan betah. Kalau dibiarkan terus-terusan, kesehatan tubuh dan mental Anda bisa mulai terganggu. Lalu apa solusinya?

“More men are killed by overwork than the importance of the world justifies.”
― Rudyard Kipling, The Phantom Rickshaw and Other Ghost Stories


Supaya pekerjaan bisa beres tepat waktu tanpa harus memaksa tubuh Anda bekerja di luar batas kemampuan, ada tiga trik yang bisa Anda coba. Selengkapnya langsung saja ikuti uraiannya di bawah ini.

    Buat Prioritas Kerja Anda

    Setiap kali bekerja selalu buatlah daftar pekerjaan atau hal-hal yang harus Anda selesaikan setiap harinya. Fokuslah pada setiap tugas yang dibebankan pada Anda. Bekerjalah dengan menetapkan tenggat waktu atau deadline Anda sendiri, sesuaikan dengan kecepatan bekerja Anda. Jangan lupa untuk menjadwalkan waktu untuk istirahat juga. Beri jeda setiap beberapa menit kerja supaya pikiran Anda tetap fresh.

    Komunikasikan dengan Atasan Anda

    Kerja lembur umumnya akan diimbangi dengan uang lembur atau kompensasi. Tapi kalau kerja lembur masih terasa memberatkan bagi Anda, tak ada salahnya untuk mengomunikasikannya dengan atasan Anda. Anda juga bisa memberikan pilihan alternatif, seperti membagi pekerjaan dengan tim atau rekan kerja lainnya atau membuat deadline yang lebih rasional.

    Tetaplah Fokus Saat Bekerja

    Supaya pekerjaan Anda tidak makin molor dan lama untuk diselesaikan, berusahalah untuk tetap fokus saat bekerja. Kondisikan lingkungan kerja Anda sebaik mungkin agar konsentrasi kerja Anda tak mudah terpecah. Jauhkan meja kerja dari berbagai barang atau benda yang mengganggu, batasi penggunaan media sosial, atau batasi waktu Anda menggunakan ponsel (jika memungkinkan). Sehingga semua pekerjaan bisa selesai tepat waktu dan Anda tak perlu lembur.



Ladies, kalau Anda tetap harus kerja lembur, selalu perhatikan kesehatan tubuh dan pikiran Anda, ya. Imbangi dengan mengonsumsi minuman dan makanan sehat dan miliki gaya hidup sehat. Be productive and stay healthy!

 
(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading