Rayakan Momen Spesial, Meksiko Sajikan Empat Kue Spesial Berdasarkan Perayaannya

Fimela03 Jun 2015, 13:10 WIB
Copyright by Thinkstock.com

Makanan menjadi salah satu hal yang pasti akan membuat Anda teringat akan momen tertentu. Misalnya seperti di Indonesia, ada salah satu makanan khas yang banyak dinikmati di hari raya Idul Fitri, yaitu ketupat dan opor ayam. Begitu pula dengan negara lainnya, tidak terkecuali Mesiko.

Meksiko pun memiliki hidangan spesial dengan menyuguhkan kue khusus yang hanya disajikan dalam perayaan tertentu. Salah satu Chef yang berasal dari Meksiko, Julio Ortega, menjelaskan saat dirinya berkunjung ke Indonesia bahwa di negaranya terdapat empat perayaan besar yang memiliki kue khusus.

"Meksiko ada empat perayaan besar yang memiliki kue khusus. Kue-kue itu hanya ada serta dimakan saat hari perayaan tersebut. Selain hari itu, kue ini tidak ada dan tidak dibuat," ungkap Julio Ortega saat ditemui di Gran Melia Hotel Kuningan Jakarta Selatan Senin 1 Juni 2015.

Keempat kue-kue tersebut berdasarkan perayaannya di Meksiko antara lain adalah

Chef Julio Ortega/ copyright by Vemale.com

1. Pan de Reyes (Kue Raja)
Saat bulan Januari, kue pertama yang disajikan untuk membuka tahun di Meksiko adalah pan de reyes atau kue raja. Biasanya kue ini dapat ditemukan di Meksiko setiap tanggal 6 Januari.

2. Pan de Pueblo (Kue Kota)
Memasuki bulan Juni hingga Juli, di Meksiko seluruh kotanya mengadakan festival makanan tradisional yang berbeda-beda. Kue kota ini menjadi hidangan istimewa saat festival diadakan.

3. Pan de Muerto (Kue Kematian)
Meksiko setiap akhir bulan Oktober dan memasuki awal bulan November mengadakan Dia de Muertos atau perayaan hari Kematian dan menjadi adat istiadat sejak lama. Masyarakat di sana biasanya mengenang kematian keluarga serta sanak saudara, namun untuk anak-anak mereka mengetuk pintu rumah per rumah untuk mengumpulkan permen.

Pan de Muerto/ copyright by Vemale.com

4. Panque Envinado (Kue Natal)
Setiap hari kelahiran Yesus Kristus sebenarnya bukan merupakan tradisi asli Meksiko untuk merayakannya secara khusus. Tapi, ada satu hidangan spesial yaitu roti yang biasa dimakan untuk merayakan Natal ini. Seperti kue ada rasa rum, brandy, dan alkohol lain. Kue tersebut biasanya ada dari tanggal 1 hingga 24 Desember,

"Biasanya di bulan Januari Pan de Reyes dihidangkan sebenarnya lebih ke budaya keagamaan Katolik di Meksiko. Roti ini menggunakan tepung khusus, jika dibelah rotinya, di dalamnya terdapat bayi plastik," ucap Julio.

"Kalau Pan de Pueblo, kue ini lembut dengan campuran telur, kacang, dan wijen," tambahnya.

Bagaimana Ladies? Bila Anda sedang berlibur ke Meksiko dan bertepatan dengan hari perayaan besar di sana, jangan lupa ya untuk cicip kue atau roti spesial Meksiko.

(vem/yun/feb)