Sukses

Lifestyle

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memilih Asuransi

Asuransi bukan hal asing lagi saat ini. Semakin banyak ditawarkan dan mencakup banyak hal. Mobil, rumah, kesehatan, uang, bahkan anggota tubuh dapat Anda asuransikan. Pemakai jasa asuransi juga semakin banyak, karena dinilai asuransi itu penting, terutama untuk masa depan dan hal-hal yang tidak terduga. Mungkin Anda pernah bertanya, "apakah saya butuh asuransi?", dan Anda belum tahu bagaimana cara menjawabnya. Berikut ini penjelasan yang dilansir oleh CBSNews.com akan membantu Anda menjawabnya.

Jika Anda masih muda, mandiri, kehidupan ekonomi Anda baik, dan tidak punya hutang atau cicilan, Anda belum membutuhkan asuransi. Namun jika Anda punya banyak tanggungan, punya hutang untuk jangka panjang, punya anak-anak yang pendidikannya masih panjang, Anda membutuhkan asuransi. Untuk lebih meyakinkan keputusan Anda, perhitungkan pendapatan Anda dan pengeluaran bulanan Anda.

Ada dua macam asuransi, asuransi "whole life" dan "term life". Lantas apa bedanya?

Penjelasan sederhananya, asuransi "whole life" mengandung nilai tabungan, dengan masa proteksi yang panjangnya bisa mencapai 99 tahun. Pada asuransi ini, ketika kontrak berakhir dan pemakai jasa masih sehat, ada nilai tunai yang diberikan. Selama premi dibayar, kebijakan ini terjamin. Namun kelemahannya, biayanya sangat mahal, karena risiko klaim pasti terjadi, misalnya Anda sakit di masa tua Anda. Selain itu bunga yang diberikan juga lebih kecil.

Sementara itu asuransi "term life" atau asuransi berjangka, hanya memberikan proteksi dalam waktu tertentu saja. Ketika kontrak habis, Anda harus membeli asuransi baru, karena tingkat kebutuhan Anda akan asuransi meningkat pada usia itu. Sayangnya, jika kontrak berakhir dan tidak ada klaim, uang Anda tidak dapat dikembalikan atau hangus. Namun asuransi ini memakan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan asuransi "whole life".

Jadi, pertimbangkan dulu keputusan Anda, Anda membutuhkan asuransi atau tidak. Jika ya, maka asuransikan diri Anda atau keluarga. Hitunglah dulu kebutuhan proteksi yang Anda inginkan, lalu tentukan jenisnya. Semoga membantu.

 

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Asuransi merupakan sebuah layanan yang menawarkan penggantian atas risiko kerugian yang mungkin terjadi akibat peristiwa yang tak terduga.

    Asuransi

What's On Fimela
Loading