Sukses

Lifestyle

Pernikahan Sesama Jenis Legal di Seluruh Wilayah Amerika Serikat

Hubungan sesama jenis seringkali masih tampak aneh bagi sebagian besar orang, termasuk di Asia. Jangankan pernikahan, hubungan pacaran sesama jenis saja sering mendapat pertentangan dari masyarakat umum. Karena itu, tidak banyak orang yang memang menyukai sesama jenis, berani mengakuinya.

Beberapa hari yang lalu, dunia maya digemparkan dengan kabar bahwa pernikahan sesama jenis telah dilegalkan di seluruh wilayah Amerika, seperti yang dilansir oleh kapanlagi.com. Selama ini, negara tersebut terbagi menjadi dua kubu. Satu kubu, yaitu di beberapa negara bagian, telah melegalkan pernikahan sesama jenis, dan kubu lain masih melarang.

Pada tanggal 26 Juli kemarin, berdasarkan keputusan Mahkamah Agung, 14 negara bagian yang belum melegalkan pernikahan sesama jenis, diberi izin untuk memberi kebebasan pada pasangan sesama jenis untuk menikah.

Lima orang hakim yang cukup liberal yaitu Anthony M. Kennedy, Bader Ginsburg, Stephen G. Breyer, Sonia Sotomayor dan Elena Kagan mendukung putusan tersebut. Sementara itu empat hakim lain yang cukup konservatif yaitu John G. Roberts Jr, Antonin Scalia, Clarence Thomas dan Samuel A. Alito Jr sempat menolak putusan dan memiliki opini berbeda. Namun karena perbandingan 5:4 dalam putusan tersebut, maka gay marriage pun dilegalkan di seluruh Amerika.

Amerika sendiri menjadi negara ke-21 yang melegalkan pernikahan sesama jenis. Sebelumnya, beberapa negara seperti Belanda, Argentina, Belgia, Brazil, Canada, Perancis dan beberapa negara lainnya telah terlebih dahulu melegalkan pernikahan sesama jenis.

"Di bawah Konstitusi, pasangan sesama jenis mendapatkan hak legal untuk menikah sama seperti pasangan lawan jenis. Pernikahan ini tidak akan merendahkan pilihan pasangan sesama jenis, dan akan menghilangkan hak mereka jika ada yang membantah hak itu tidak ada," tulis hakim Kennedy dalam putusannya.

Hal ini mendapat banyak sambutan positif dari berbagai pihak, seperti yang dilaporkan oleh berbagai media ternama di Amerika. Mulai dari kalangan artis, politisi, desainer, berbagai orang penting lain dan masyarakat umum menyatakan ucapan selamat dan kegembiraan mereka menyambut kabar ini.

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan pola pikir tiap pribadi maupun negara memang sudah banyak berkembang terhadap hal-hal seperti ini. Tanpa ada maksud memihak atau pun menentang, love wins.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading