Sukses

Lifestyle

Kontroversi: Wanita Ini Dikritik Keras Karena Membantu Menyusui Bayi Sahabatnya

Menyusui merupakan proses yang sangat penting untuk perkembangan sang bayi. Bukan hanya itu, menyusui juga dipercaya dapat mempererat ikatan antara sang ibu dan sang bayi. Lalu bagaimana jika Anda menyusui anak orang lain? Apakah hal itu juga akan mempererat ikatan antara Anda dan bayi tersebut? Hal inilah yang dipermasalahkan banyak orang, terkait apa yang dilakukan oleh Jessica Anne Colletti, seperti yang dilansir dalam people.com.

Jessica Anne Colletti adalah seorang ibu rumah tangga asal Pennsylvania yang telah memiliki seorang putra bernama Lucian. Sejak baru lahir, ia selalu memberikan ASI eksklusif untuk putranya tersebut. Bukan hanya itu, ia juga memberikan ASI untuk putra dari Charlie Interrante sahabatnya, yang bernama Mateo. Pemberian ASI ini sudah dilakukan sejak Mateo masih berusia 5 bulan. Sehari-hari, Jessica membantu mengasuh Mateo saat Charlie sedang bekerja.

Apa yang dilakukan Jessica ini mendapat tentangan dari berbagai pihak, pasca ia mengunggah foto saat ia sedang menyusui Mateo dan Lucian pada waktu yang bersamaan. Mereka menganggap bahwa apa yang dilakukan Jessica ini salah, dan Jessica dianggap menyabotase "ikatan spesial" antara Mateo dan Charlie. Bukan hanya itu, orang-orang menganggap foto tersebut hanya untuk memberi kesan sensual, karena proses menyusui dalam foto tersebut tampak tidak natural.

Foto Jessica Anne Colletti yang menuai kontroversi saat menyusui Lucian (kanan) dan Mateo (kiri) | copyright people.com/Jessica Anne Colletti

"Mereka salah mengerti. Saya rasa mereka hanya salah paham dan ketakutan. Mereka mungkin juga berpikir bahwa sangat menjijikkan membiarkan cairan yang keluar dari tubuh seseorang dikonsumsi oleh putramu. Saya sangat paham bahwa orang-orang yang menerima donor ASI, sebelumnya telah melakukan beberapa tes untuk membuktikan ASI itu tidak berbahaya. Namun jika Anda mengenal sang donatur ASI, Anda tahu semua hal tentangnya dan Anda tahu dia sehat, hal ini justru akan menciptakan hubungan sehat yang indah", jelas Jessica.

Pada awalnya, Jessica melakukan hal tersebut karena ia rasa wajar jika ia menyusui Mateo saat ia merasa lapar, sementara Charlie tidak memiliki kesempatan untuk memompa ASI saat ia bekerja. Tentu saja sebelumnya Jessica terlebih dahulu meminta izin dari Charlie, dan Charlie setuju. Mateo tidak cocok mengkonsumsi susu formula, jadi sementara Charlie bekerja, akan sangat baik jika Mateo mendapatkan asupan ASI, bukan?

Jessica merasa bahwa wanita seharusnya bebas menyusui bayinya sendiri, maupun bayi orang lain, secara terbuka dan di tempat terbuka. Namun ia menyadari bahwa pemikiran kebanyakan orang masih sangat terbatas. Itulah alasan ia mengunggah foto saat ia sedang menyusui tersebut, yang ia sebut dengan "milk siblings", untuk membuat pandangan dan pemikiran banyak orang lebih terbuka.

Jessica dan Charlie memiliki kebiasaan yang unik. Sementara Jessica menyusui kedua anak tersebut pada pagi hingga sore hari, Charlie akan menyusui mereka berdua saat malam hari. Jessica tidak mampu jika harus menyusui dua orang anak sepanjang hari, dan Charlie memiliki cukup cadangan ASI. Persahabatan keduanya semakin erat dengan apa yang mereka lakukan ini. Charlie bahkan baru-baru ini memutuskan untuk tinggal satu rumah dengan Jessica dan suaminya.

Jessica Anne Colletti, Lucian Colletti, Mateo Interrante dan Charlie Interrante | copyright people.com/Jessica Anne Colletti

"Semuanya (mengasuh anak bersama) jauh lebih mudah sejak kami tinggal dalam satu rumah. Tidak ada yang perlu saya khawatirkan. Kami memutuskan hal ini berdasarkan logika dan karena persahabatan. Saya dan suami saya juga sudah berkomitmen dalam hubungan monogami", kata Jessica.

Apakah Anda setuju dengan apa yang dilakukan Jessica dan Charlie, Ladies? Selama memberikan ASI tersebut dilakukan demi kebaikan sang bayi, dan berasal dari ibu yang sehat, tentu sah-sah saja. Hal ini juga tidak jauh berbeda dengan donor ASI yang belakangan banyak dijumpai, bukan?

Di Indonesia, hal itu tampak wajar dan tidak menuai kontroversi, layaknya Jessica Iskandar yang mendonorkan ASInya untuk Gempita, putri dari Gading Marten dan Gisel. Dan, saya rasa selama sang ibu kandung tetap memberikan ASI dan mengasihi anaknya sepenuh hati, "ikatan spesial" antara ibu dan anak tidak akan dapat diputus oleh siapapun. 

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading