Sukses

Lifestyle

Yuk Bikin Cream Cheese Sendiri di Rumah

Ladies, cake tanpa frosting rasanya ada yang kurang. Selain buttercream, frosting cake lain yang juga jadi favorit adalah cream cheese. Cream cheese mudah dibeli di kota-kota besar, Namun untuk yang tinggal di kota-kota kecil, cream cheese susah ditemui. Jika harus membelinya secara online, pastinya akan lebih mahal.

Nah, buat kamu yang ingin menikmati cream cheese rumahan, Vemale.com punya resep yang bisa dipraktekkan dari justtryandtaste.com. Homemade cream cheese ini rasanya gurih dan tidak kalah dengan buatan pabrik lho.

Bahan:
1300 ml susu segar
200 ml krim kental
2 sendok makan yogurt rasa tawar
4 sendok makan air jeruk lemon atau jeruk nipis

Cara Membuat:

  1. Masukkan susu cair dan krim kental ke dalam panci, aduk rata. Tambahkan air jeruk nipis/jeruk lemon ke dalamnya, aduk.  
  2. Rebus susu menggunakan api sedang sambil diaduk-aduk hingga tampak gumpalan yang terpisah dari airnya. Jangan sampai susu mendidih. Angkat panci dari atas kompor dan matikan api.
  3. Siapkan kain penyaring yang diletakkan di atas baskom. Tuangkan larutan susu yang menggumpal.
  4. Cuci gumpalan susu dengan air matang yang mengalir sambil diaduk-aduk menggunakan spatula agar rasa dan aroma lemon hilang.
  5. Tiriskan gumpalan susu hingga airnya habis. Kemudian blender gumpalan susu dan tambahkan yogurt ke dalamnya. Blender hingga halus.
  6. Pindahkan gumpalan susu ke kain penyair, ikat dan gantung menggunakan tali. Letakkan mangkuk di bawahnya untuk menampung air yang menetes.
  7. Biarkan selama 5-6 jam di suhu ruang. Siap digunakan.


Note:
Cream cheese ini harus disimpan di kulkas jika tidak digunakan. Maksimal dapat bertahan selama 1 minggu.

Selamat mencoba!

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading