[Quiz] Menurutmu, Catcalling Termasuk Kekerasan atau Bukan?

Karla Farhana27 Nov 2018, 12:00 WIB
[Fimela] Cat Calling

Fimela.com, Jakarta Catcalling bukan lagi hal baru. Sudah sejak zaman dahulu hal ini diterapkan terhadap banyak orang, terutama perempuan. Catcall, seperti yang dilansir dari Vemale.com, merupakan komentar bernada menggoda secara seksual. Biasanya terjadi terhadap perempuan yang sedang berjalan di tempat umum dan dilakukan oleh pria. 

Catcalling tidak selamanya berbentuk komentar mengenai tubuh perempuan atau cara berpakaian. Tetap juga bisa berupa celetukan lain, godaan, dan siulan. Atau juga suara ciuman dan panggilan-panggilan menggoda yang berkesan merendahkan. 

Mungkin, bagi sebagian orang hal ini hanya sebuah candaan yang biasa. Bahkan tidak jarang para perempuan yang risih dan merasa tidak nyaman justru disalahkan. Katanya, kalau tidak mau digoda para pria, perempuan harus mengenakan pakaian tertutup. Atau malah menyalahkan bentuk tubuh perempuan. 

Banyak orang kini membuka seuara dan menyatakan catcalling merupakan salah satu bentuk pelecehan seksual. Namun, masih banyak juga orang yang menganggapnya sebagai candaan yang wajar dan biasa. Lalu, bagaimana menurutmu? Apakah catcalling termasuk pelecehan seksual dan kekerasan?