Sukses

Lifestyle

Tetap Kokoh dan Orisinil, Keraton Kasepuhan Ini Berusia 600 Tahun

Jika Jalan-jalan ke kota Cirebon, Anda wajib mengunjungi Keraton Kasepuhan. Mengapa? Karena keraton ini merupakan ikon Kota Cirebon yang menyimpan banyak cerita sejarah perkembangan Islam di Cirebon. Keraton Kasepuhan berlokasi di Jalan Kasepuhan No. 43, Kampung Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemah Wungkuk, Cirebon, Jawa Barat.

Kali ini tim Vemale berkesempatan mengunjungi Keraton Kasepuhan bersama NET TV di Jalan-Jalan Masa Kini Episode Cirebon. Selain berkeliling melihat langsung Keraton Kasepuhan yang masih memiliki bangunan orisinil, tim Vemale pun bertemu dan disambut langsung oleh Sultan Sepuh ke XIV, Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat, SE, yang bertahta sejak tahun 2010. Setelah itu, kami disuguhi tarian selamat datang, Tari Topeng Kelana.

"Keraton Kasepuhan yang telah berdiri sejak 600 tahun yang lalu, masih terlihat original dan merupakan Keraton tertua di Indonesia. Bangunan aslinya masih berfungsi dengan baik," ucap Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat, SE, di Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat, Jumat, 26 Februari 2016.

Foto dok. Vemale.com

Beliau menuturkan bahwa, setiap interior Keraton Kasepuhan memiliki filosofinya tersendiri. Contohnya adalah patung buah manggis yang mempunyai lima kelopak dan isinya yang menggambarkan kekonsistenan seorang pemimpin. Maksudnya, seorang pemimpin, ucapan dan perbuatannya harus sama, selaras. Meski manggis memiliki kulit luar berwarna hitam, namun daging buahnya berwarna putih. Artinya, walaupun buruk rupa, hatinya tetap harus bersih, jujur dan baik.  "Banyak sekali pelajaran yang bisa dipetik dari relief-relief yang ada di Keraton ini," tambahnya.

Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat mengakui bahwa Kota Cirebon tertinggal sejauh 30 tahun dari Jogjakarta dan Bali dalam hal destinasi wisata. Namun, ia sangat yakin bila Cirebon pun nantinya akan menjadi destinasi para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.

"Cirebon memiliki banyak masjid kuno. Kurang lebih ada 30 masjid yang usianya hampir 300 tahun. Selain itu, ada juga gereja Katolik dan gereja Protestan tertua, termasuk Klenteng tertua juga ada di sini. Letak geografis Cirebon juga sangat strategis, apalagi seksrang ini sudah didukung dengan pembangunan infrastruktur, jalan kereta api, serta  pelabuhan," jelasnya.

Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat juga mengatakan bahwa Cirebon dalam waktu dekat  akan memiliki bandara internasional terbesar se-Jawa Barat, dan akan pula menjadi bandara terbesar di Asia karena memiliki tiga runaway.  Rencana ini diperkirakan akan segera terpenuhi di tahun depan.

Well Ladies, tunggu apalagi? Segera berlibur ke kota Cirebon dan nikmati banyak tempat wisata memikat ini.

(vem/yun/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading