Sukses

Lifestyle

Kereta Singa Barong, Kereta Tercantik & Terunik di Dunia

Saat mengunjungi kota Cirebon, Anda harus mengunjungi Keraton Kasepuhan. Sebab, tempat ini menyimpan banyak sejarah mengenai Cirebon, termasuk di dalamnya Masterpiece Cirebon, yakni sebuah kereta yang bernama Singa Barong.

Foto dok. vemale.com

"Kereta ini dibuat pada tahun 1549, jadi sampai sekarang, usianya mencapai 467 tahun. Kereta ini merupakan hasil karya dari putra-putra Cirebon yang dirancang oleh cucu pertama Sunan Gunungjati," jelas Wakil Kepala Bagian Pemandu, Moh. Afid Permadi, kepada Vemale saat mengikuti kegiatan Jalan-Jalan Masa Kini bersama NET TV Episode Cirebon, Jumat, 26 Februari 2016.

Kereta ini merupakan tiga simbol budaya dan persahabatan. Simbolnya terdiri dari belalai gajah yang merupakan simbol bahwa Cirebon bersahabat dengan India yang berkebudayaan Hindu. Kemudian kepala berbentuk naga penggambaran persahabatan Cirebon dengan Cina yang berkebudayaan Budha.

Foto dok. vemale.com

Simbol terakhir yakni, sayap, badan dan ekor dari buroq atau burung yang merupakan simbol persahabatan dengan Mesir yang berkebudayaan Islam. Kereta unik ini dibuat dari kayu ulin yang memiliki kualitas lebih unggul dari kayu jati.

Foto dok. vemale.com

"Fungsi kereta ini dulunya untuk berkeliling kota pada saat perayaan hari besar Islam. Biasanya akan ditarik oleh empat kebo bule. Namun, pada tahun 1942, tepatnya saat pemerintahan sultan Raja Aloda Tajul Arifin Muhammad Syamsudin, generasi 16, Sultan Sepuh ke 11, kereta ini tidak boleh difungsikan lagi, tujuannya agar kereta ini tetap terjaga utuh," jelasnya.

Pada tahun 1991, kereta Singa Barong diteliti oleh Ahli Kereta Dunia dari Belanda yang menyatakan bahwa kereta Singa Barong adalah kereta tercantik dan terunik di dunia. Hebat ya Ladies? Dengan demikian, kereta ini adalah satu dari sekian karya anak bangsa yang yang telah diakui oleh dunia.

(vem/yun/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading