Sukses

Lifestyle

Operasi Setelah Kecelakaan, Ginjal Pria Ini Justru Hilang

Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Bisa saja ini adalah pepatah yang tepat untuk menggambarkan insiden yang dialami oleh seorang pria bernama Liu Yongwei berikut ini. Bagaimana tidak, dikutip dari laman shanghaiist.com, Liu yang baru saja mengalami kecelakaan dan membuatnya harus menjalani operasi justru kehilangan ginjalnya selepas operasi. Yang lebih mengerikan dan tragis, hilangnya ginjal Liu baru diketahuinya setelah ia pulang dari rumah sakit dimana ia dirawat.

Nasib tragis yang dialami oleh Liu ini dikabarkan berawal ketika ia mengalami kecelakaan pada tanggal 12 Juni tahun 2015 lalu. Saat itu, pria paruh baya ini sedang mengendarai traktor miliknya. Namun, di saat bersamaan ada dua orang pria muda yang mengendarai motor dengan ugal-ugal dan akhirnya menabraknya. Karena tertabrak motor, traktornya terbalik dan ia pun mengalami kecelakaan.

Liu kehilangan ginjal setelah melakukan operasi dada | Photo: Copyright shanghaiist.com

Liu yang terluka karena kecelakaan akhirnya dibawa ke rumah sakit Universitas Ilmu Kedokteran Xuzhou. Di rumah sakit ini, dokter mendiagnosa Liu dengan traumatic diaphragmatic hernia, patah tulang rusuk, paru-paru memar dan efusi di rongga paru-paru serta liver juga ginjal kanan yang memar. Dengan adanya diagnosa ini, dokter pun menyarankan agar Liu menjalani pembedahan dinding dada (Torakotomi).

Setelah menjalani operasi bedah dan menjalani perawatan selama beberapa minggu, Liu pun diperbolehkan pulang dari rumah sakit dan dikatakan sudah pulih. Sepulang dari rumah sakit ini yakni tanggal 18 Agustus 2015,  Liu melakukan scan terhadap tubuhnya untuk mengetahui pemulihan dan perkembangan kesehatannya di rumah sakit pemerintahan Shandong. Keanehan muncul di sini. Tim dokter tak menemukan ginjal kanan Liu. Merasa syok dengan temuan dokter, Liu pun melakukan scan kembali di rumah sakit berbeda yakni rumah sakit militer Nanjing. Lagi-lagi, di sini tim dokter tak menemukan ginjal kanan Liu.

CT Scan menunjukkan bahwa ginjal kanan Liu tidak ada di tubuhnya | Photo: Copyright shanghaiist.com

Menyadari ginjal kanannya benar-benar tidak ada, Liu pun kembali ke rumah sakit Xuzhou dan bertanya pada dokter yang menanganinya saat operasi. Sayang, dokter itu justru meninggalkan Liu. Sejak mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan tersebut, Liu berusaha mengumpulkan bukti dan mencari keadilan terhadap apa yang ia alami. Kisah Liu ini pun dengan cepat menyebar ke berbagai media dan menimbulkan banyak persepsi dari netizen. Banyak netizen yang mengatakan bahwa kemungkinan besar Ginjal Liu diambil oleh dokter dan dijual di pasar gelap.

Liu menunjukkan surat terkait operasi yang ia jalani | Photo: Copyright shanghaiist.com

Menanggapi kasus Liu, pihak rumah sakit Xushu mengatakan,

"Dokter mengaku mengeluarkan ginjal kanan Liu untuk diperiksa lebih lanjut. Setelah diperiksa, ginjal itu akan langsung dikembalikan ke tubuh Liu dan dipastikan organ tersebut bekerja dengan baik. Mengenai ginjal yang tidak terdeteksi CT scan, itu bisa saja terjadi karena penempatan organ ginjal tidak berada di tempat yang tepat atau ginjal menyusut sehingga menjadikannya tidak terlihat.

Bukti operasi Liu | Photo: Copyright shanghaiist.com

Dari laporan yang ada, kisah tragis seperti yang dialami oleh Liu bukan kali pertama terjadi di negeri tirai bambu China. Sampai saat ini, ada banyak kasus dimana pasien justru bertambah sakit atau bahkan meninggal dunia setelah menjalani perawatan di rumah sakit akibat malpraktek atau kelalaian dokter.

Kalau menurut kamu, apa nih tanggapan kamu mengenai kasus yang dialami oleh Liu ini? Semoga, insiden mengerikan seperti ini tidak terjadi lagi ya. Kita semua tentu berharap bahwa saat menjalani perawatan atau pemeriksaan di rumah sakit, kita bisa mendapatkan perawatan yang terbaik dan maksimal.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading