Sukses

Lifestyle

Pria Telan Handphone, Dokter Dibikin Shock Saat Bantu Operasi

Entah apa yang ada di pikiran pria berusia 29 tahun asal Irlandia berikut ini. Dilansir dari laman dailymail.co.uk,pria yang tidak disebutkan namanya ini beberapa waktu yang lalu telah menelan handphone miliknya. Karena menelan handphone, ia pun harus melakukan operasi bedah agar handphone tersebut bisa dikeluarkan dari dalam tubuhnya.

Kisah ini berawal ketika pria yang juga seorang tahanan ini mengalami muntah dan mual. Ia juga merasa kepalanya pusing. Ia pun lalu dibawa ke klinik terdekat. Di sana, ia mengaku bahwa tak sengaja baru saja menelan handphone miliknya. Mendengar pengakuan pria ini, pihak klinik pun membawa pria ke sebuah rumah sakit agar dokter yang lebih ahli dalam kasus ini bisa membantunya mengeluarkan handphone dari tubuhnya.

Handphone masuk perut pasien | Photo: Copyright dailymail.co.uk

Awalnya, para dokter di rumah sakit menunggu selama 18 jam agar handphone keluar bersama kotoran pria. Sayang, handphone tersebut tidak mau keluar dan masih saja bersarang di lambung pria. Selanjutnya, dokter melakukan fastrointestinal endoscopy, sebuah teknik mengeluarkan benda asing dari sistem pencernaan menggunakan pipa fleksibel yang dilengkapi kamera kecil di ujungnya. Sayang, lagi-lagi handphone nggak mau keluar dari lambung pria.

Menyerah dengan semua cara, dokter pun akhirnya melakukan cara terakhir untuk mengeluarkan handphone. Cara tersebut adalah melakukan operasi bedah. Saat melakukan operasi bedah, dokter harus berusaha sangat maksimal dan hati-hati agar tidak membuat sistem pencernaan pria cidera atau pun luka. Seorang dokter yang ikut melakukan operasi mengatakan, "Handphone yang tertelan sampai lambung sangat mungkin tidak bisa dikeluarkan dengan menggunakan alat endoscopy yang ada saat ini. Operasi bedah adalah satu-satunya cara yang bisa kita lakukan. Untuk melakukan operasi bedah ini, kita tetap harus bekerja dengan sangat hati-hati dan teliti."

Setelah melakukan operasi, handphone di dalam tubuh pria akhirnya bisa dikeluarkan. Ia juga bisa meninggalkan rumah sakit beberapa minggu kemudian. Dari laporan yang ada, selepas melakukan operasi ini kondisinya pulih dengan baik.

Tahun 2014, handphone juga tertelan dan masuk tubuh seseorang | Photo: Copyright dailymail.co.uk

Oh iya, kasus ini sendiri muncul di media setelah ada laporan di International Journal of Surgery Case Reports edisi April 2016. Kasus ini nampaknya bukan kasus pertama dimana ada benda asing yang tertelan ke dalam tubuh. Pada tahun 2014, seorang di Delaware, AS juga tak sengaja menelan handphone. Tahun lalu, ada juga seorang siswa yang tak sengaja menelan sendok saat makan es krim.

Duh, ngeri sekali jika sampai ada benda asing yang tertelan ya? Agar kasus seperti ini tidak pernah terjadi pada kita, pastikan bahwa kita selalu makan dengan pelan-pelan dan hati-hati dalam melakukan segala hal.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading