Sukses

Lifestyle

Puasa Asyura, Puasa Sunnah di Bulan Muharram yang Penuh Keutamaan

Tak terasa, kali ini umat muslim telah berada di bulan pertama untuk tahun 1438 Hijriyah. Seperti yang kita tahu, pada tanggal 2 Oktober 2016 kemarin merupakan hari besar untuk umat muslim karena hari itu adalah Tahun Baru Islam dan telah memasuki hari pertama untuk bulan Muharram. Ada banyak hal yang mengesankan dan utama dari bulan pertama yakni bulan Muharram bagi umat muslim. Salah satu di antaranya adalah dianjurkannya melakukan puasa sunnah di hari ke 9 dan 10 bulan Muharram yang pada tahun ini jatuh pada kemarin 10 Oktober 2016 dan hari ini 11 Oktober 2016.

Mengenai puasa di hari ke-9 di bulan Muharram disebut sebagai puasa sunnah Tasu'a. Sementara untuk puasa sunnah di hari ke-10 di bulan Muharram disebut sebagai puasa sunnah Asyura. Apa itu puasa Tasu'a dan Asyura? Serta, apa keutamaan mendirikan dua puasa sunnah tersebut?

Puasa di Bulan Muharram Menghapus Dosa Setahun Yang Lalu

Rasulullah SAW bersabda, "Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam." (HR. Imam Muslim dari Abu Hurairah R.A). Puasa sunnah di bulan Muharram dikatakan sebagai puasa yang paling utama karena puasa di waktu ini mendatangkan banyak pahala buat siapa saja yang ikhlas dan tulus melakukannya hanya karena Allah.

Mendirikan puasa sunnah Asyura memiliki keutamaan yang sangat mengesankan. Para ulama mengatakan barang siapa yang melakukan puasa Asyura maka akan dihapuskannya dosa-dosa kecil selama setahun yang lalu.

"Puasa hari Asyura, aku mengharapkan pahalanya di sisi Allah agar dapat menghapus dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim)
Sementara itu, Imam an-Nawawi berkata, "Keutamaannya menghapus semua dosa-dosa kecil. Atau boleh dikatakan menghapus seluruh dosa kecuali dosa besar." (Majmu' Syarah al Muhadzzadhb, an-Nawawi).

Keutamaan Lain Berpuasa di Bulan Muharram

Selain diharapkan agar Allah menghapus dosa kecil selama setahun yang lalu, mendirikan puasa sunnah di bulan Muharram ini juga memiliki keutamaan lain yang begitu mengesankan dan menenangkan hati. Mendirikan puasa sunnah dengan ikhlas dan tulus akan mengajarkan kita semua menjadi pribadi yang sabar, lebih tawakal dan lebih dekat dengan sang pencipta.

Mendirikan puasa sunnah ini juga akan mengajarkan kita untuk senantiasa berbuat kebajikan seperti yang dicontohkan oleh-oleh orang-orang mulia di zamannya seperti halnya Rasulullah SAW, Nabi Musa, Nabi Harun dan masih banyak lagi. Mendirikan puasa sunnah ini juga merupakan bentuk rasa syukur kita kepada sang pencipta yang senantiasa menyelamatkan serta melindungi orang-orang beriman dan baik dari orang-orang yang jahat. Ini juga sebagai bentuk rasa syukur karena Allah senantiasa memberikan kesehatan dan keselamatan untuk kita.

Selain sangat dianjurkan untuk dilakukan pada tanggal 9 Muharram dan 10 Muhrram, puasa sunnah ini akan menjadi semakin baik jika ia juga ditambah pada tanggal 11 Muharram. Tak hanya mendatangkan pahala yang sangat besar, benar-benar tulus serta ikhlas dalam menjalankan puasa sunnah ini juga membantu kita menjadi pribadi yang lebih sehat, bugar serta senantiasa terjaga.

Buat kamu yang saat ini sedang menjalankan puasa Asyura, selamat menjalankannya. Sementara buat yang tahun ini belum sempat menjalankannya, semoga di tahun depan dan tahun-tahun selanjutnya kita akan senantiasa istiqomah menjalankannya.
(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading