Hindari 5 Kesalahan dalam Mengatur Uang Ini Saat Liburan

Annissa Wulan27 Nov 2018, 19:30 WIB
Ilustrasi uang

Fimela.com, Jakarta Liburan tidak hanya tentang saat-saat yang menyenangkan, namun juga pengeluaran yang besar. Uang dalam jumlah besar harus dikeluarkan untuk hadiah dan tiket perjalanan, benar?

Inilah mengapa liburan juga bisa membuat seseorang menjadi stres. Jangan khawatir, dilansir dari paypath.com, Selasa (27/11/2018), berikut ini adalah beberapa trik menghindari kesalahan dalam mengatur uang saat liburan, penasaran?

1. Membuat budget

Budget yang semakin teratur dan detail adalah budget yang semakin baik. Jika sudah mendapatkan total pengeluaran, lakukan penyesuaian.

2. Jangan bergantung pada kartu kredit

Banyak orang menghabiskan lebih banyak uang ketika menggunakan kartu kredit. Usahakan untuk selalu menggunakan uang tunai, karena uang tunai akan membuat pengguna lebih sadar berapa pengeluaran yang dilakukannya.

3. Jangan melakukan pengeluaran berdasarkan emosi

Jangan pernah melakukan pengeluaran berdasarkan emosi. Mengeluarkan banyak uang hanya karena seseorang memberi hadiah yang mahal, sering terjadi?

Melakukan pengeluaran dengan ketegangan, penuh tekanan, dan rasa takut akan membuat akal sehat tidak bekerja. Selain itu, jangan tergoda dengan diskon, yang akan menghabiskan lebih banyak uang.

Membuat hadiah sendiri dan melihat gambaran besar dari liburan

Ilustrasi uang
Ilustrasi uang. Sumber foto: unsplash.com/Jeremy Dorrough.

4. Jangan lupakan hadiah buatan sendiri

Bukankah menerima hadiah yang dibuat sendiri lebih menyenangkan? Kalau begitu, mengapa tidak membuat sendiri hadiah yang akan diberikan kepada orang lain?

5. Jangan melupakan gambaran besarnya

Gambaran besar liburan adalah menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih. Bukan tentang hadiah atau seberapa besar pengeluaran yang dilakukan, namun tentang momen kebersamaan, benar?

Lanjutkan Membaca ↓