Sukses

Lifestyle

Selamat Datang THR, Berikut 5 Cara Bijak untuk Mengelolanya

Tunjangan Hari Raya atau THR biasanya diterima di minggu kedua atau ketiga Ramadan. Hmm, apakah kamu termasuk salah satu karyawan yang menerima THR? Well, biasanya setelah menerima THR kamu akan sibuk belanja. Dan parahnya beberapa orang menghabiskan uang THR sebelum menerimanya. Oups, kok bisa.

Ladies, agar kamu bijak dalam mengelola uang THR yang diterima tidak ada salahnya kamu menyimak tips dari vemale d bawah ini.

    Cukup Gunakan Uang Gaji untuk Menutup Pengeluaran

    Meskipun hukum ekonomi menyebutkan semakin besar pendapatan maka semakin banyak pengeluaran. Nah, untuk kasus ini cobalah untuk berhemat. Jangan terlalu boros. Gunakan gaji yang kamu terima untuk memenuhi kebutuhan kamu saat ini. Jangan memaksakan diri untuk menghabiskan THR yang kamu terima.

    Bayar Utang

    Memiliki tanggungan utang? Maja THR bisa menjadi jawaban untuk membayar utangmu. Tidak perlu menunda, bebaskan diri kamu dari utang. Memang kamu perlu menekan beberapa keperluan, tapi setidaknya dengan ini kamu akan terbebas dari utang.

    Susun Anggaran dengan Ketat

    Sudah menerima THR? Saatnya menyusun anggaran dengan ketat. Tentukan mana yang sebenarnya kamu butuhkan atau sekadar inginkan untuk menyambut lebaran. Tidak perlu memaksa membeli barang yang tidak kamu butuhkan. Kesampingkan ego dan gengsi. Ingat lebaran bukan ajang pamer.

    Pergunakan Hanya untuk Biaya Lebaran

    Kamu dapat memanfaatkan THR untuk keperluan memenuhi kebutuhan lebaran. Seperti biaya mudik dan belanja lebaran. Yang perlu kamu ingat hindari untuk membeli keperluan di luar batas dan melebihi THR yang kamu terima dan menutupinya dengan kartu kredit. Hindari hal ini jika tidak ingin keuanganmu berantakan setelah lebaran.

    Jangan Lupa Menabung

    Sisihkan THR yang kamu terima untuk tabungan dan dana darurat. Jika persediaan uang sudah mencukupi, lebih baik THR ditabung saja untuk keperluan mendatang.Jangan sampai besar pasak daripada tiang.

Nah, Ladies demikian 5 cara untuk mengelola THR yang kamu terima. Jadi apakah kamu sedih menerima THR hari ini? Share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading