Sukses

Lifestyle

5 Trik Foto Makanan Instagramable, Cuma Modal Kamera HP Kok

Ladies, melihat foto-foto di Instagram saat ini, rasanya bikin ngiler ya. Apalagi foto-foto para food bloggers yang seliweran di blog ataupun social media. Dengan penataan yang bagus, properti yang cantik dan tentu saja makanan yang menggoda selera, foto-foto makanan di social media tampak begitu berkelas dan Instagram-able banget.

Mungkin banyak yang beranggapan, "Ah, pantes saja fotonya keren, kameranya mahal." Tapi jangan salah, Ladies, kamera memang punya andil membuat fotomu menjadi tampak lebih jernih. Namun, walaupun cuma memakai kamera handphone saja, kamu bisa menghasilkan foto-foto makanan yang Instagram-able dengan 5 trik ini:

Cahaya natural

Copyright loveandoliveoil.com

Pencahayaan adalah kunci menghasilkan foto still life yang hidup. Pastikan cahaya matahari cukup untuk menerangi obyek yang akan kamu ambil. Sekalipun lighting seperti lampu bisa membantu, tetapi tak ada yang sebaik cahaya natural.

Cahaya sinar matahari adalah cahaya natural yang meningkatkan warna asli obyek hasil jepretanmu di kamera. Nggak mau 'kan warna nasi yang sebenarnya putih, jadi berpendar keoranye-oranyean?

Tetapi, yang perlu diingat adalah cahaya matahari yang terlalu terik juga tak bagus untuk berfoto karena justru ketajamannya merusak nuansa fotomu. Cuaca yang sedikit mendung adalah kondisi yang tepat karena cahaya yang jatuh jadi lebih halus.

Kendalikan bayangan

Copyright wifemamafoodie.com

Jatuhnya bayangan sangat penting diperhatikan dalam fotografi karena bisa membentuk karakter obyek di foto, atau justru merusaknya. Pastikan bayangan yang jatuh di kamera, tidak terlalu gelap. Bayangan yang lebih lembut akan menonjolkan dimensi obyek makanan dan menciptakan kedalaman.

Pilih latar belakang netral

Copyright crystalwee.com

Pilih alas atau latar belakang netral ketimbang bermotif agar makanan menjadi fokus perhatiannya. Latar belakang netral tidak berarti harus benar-benar polos, tapi harus melengkapi obyek dan tidak 'mengalahkannya'.

Untuk foto makanan, latar belakang netral yang banyak dipilih adalah tema kayu-kayuan, taplak meja warna putih atau motif floral yang lembut. Suka tema rustic? Kamu bisa menggunakan papan tulis warna hitam, karpet, talenan atau jerami.

Shoot dari angle terbaik

Copyright mundorecetas.com

Saat mengambil foto makanan, ingatlah bahwa angle bermain peran cukup penting untuk membuat fotomu jadi lebih bermakna. Ambil foto dari atas (flat lay) untuk makanan yang ditata di piring lebar atau mangkuk, misalnya smoothies bowl. Foto flat lays memberi perhatian pada detil makanan dan latar belakang.

Foto dari samping juga bisa jadi pilihan jika kamu ingin menunjukkan layer, misalnya foto minuman jus dalam gelas. Pastikan foto yang kamu ambil kontras dengan background fotonya ya.

Lalu bagaimana dengan foto diagonal? Angle ini bisa dipilih jika kamu ingin menyertakan dua sisi antara angle dari atas dan dari samping untuk mengabadikan subyek dari tiga dimensi yang berbeda.

Buatlah 'story'

Copyright pinterest.com/honestlyum

Foto adalah cara terbaik untuk bercerita tanpa perlu kata-kata. Dengan menambahkan berbagai elemen ke dalam fotomu, kamu bisa membuat cerita yang menarik yang mampu menggambarkan secara visual kesan yang ingin ditampilkan.

Contohnya: tambahkan buku yang sedang terbuka atau secangkir kopi untuk menciptakan suasana hangat dan santai,

Nah, sebetulnya bukan hanya dari kualitas kameranya saja bukan? Bagaimana kita bisa memaksimalkan kamera handphone dengan menambahkan properti, sedikit trik cahaya dan tentunya adalah storytelling. Semoga informasi ini membantumu!

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading