Sukses

Lifestyle

Cara Menggoreng Kerupuk Biar Mekar dan Nggak Bantat, Ini Triknya!

Orang Indonesia seringkali merasa tidak lengkap kalau makan tanpa kerupuk. Rasanya kayak ada yang kurang setiap kali menikmati hidangan tertentu tapi nggak ada kerupuk. Tapi kalau kerupuk yang dimakan tidak mekar atau mengembang, ya jadinya nggak enak juga sih.

Salah satu faktor penting untuk memastikan kerupuk mekar mengembang sempurna adalah pada teknik menggorengnya. Selain memastikan memakai penggorengan yang tepat dan menggunakan api sedang dan menunggu panas untuk menggoreng, ada tips tambahan yang bakal sangat membantumu untuk mendapatkan kerupuk yang mekar sempurna.

Goreng Satu per Satu Sambil Ditekan
Untuk jenis kerupuk yang lebar, seperti opak dan kerupuk udang, sebaiknya digoreng satu per satu. Jadi tidak langsung dimasukkan sekaligus, cukup satu per satu saja. Saat menggoreng juga perlu sambil ditekan-tekan biar nggak sampai menggelembung.

Goreng Secara Bertahap dengan Suhu Stabil
Nah, untuk jenis kerupuk yang kecil seperti kerupuk aci, menggorengnya bertahap, ya. Bisa dengan cara segenggam demi segenggam. Tapi jangan sampai kebanyakan. Kalau kebanyakan, nanti kerupuk justru akan sulit untuk mengembang. Api kompor juga perlu diperhatikan, pastikan suhunya stabil. Jangan sampai keluar asap dari minyak goreng yang menandakan suhunya terlalu tinggi.

Dua Kali Tahapan Menggoreng
Kalau ukuran kerupuknya tebal, misalnya kerupuk ikan Palembang, ada tips lain nih. Kalau ingin hasilnya mekar sempurna, gorenglah dengan dua kali tahapan. Tahap pertama, goreng kerupuk dengan api kecil sampai mekar, lalu tiriskan sebentar. Tahap kedua, goreng kembali kerupuknya dengan minyak yang sudah dalam kondisi panas. Nanti kerupuk akan mengembang dan tidak bantat.

Disarankan untuk menggunakan wajan cekung untuk mendapatkan hasil kerupuk yang mekar sempurna. Selain itu, kerupuk yang akan digoreng harus dalam keadaan benar-benar kering ya. Kalau perlu, dijemur dulu di bawah sinar matahari agar tidak lembap.

Semoga tipsnya bermanfaat, ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading