Sukses

Lifestyle

Tips Agar Susu Kedelai Tidak Langu & Enak Bikin Nagih

Susu kedelai merupakan salah satu minuman yang kaya akan nutrisi dan manfaat sehat. Menariknya, susu kedelai juga menjadi salah satu minuman dengan rasa yang khas, enak dan menggugah selera. Susu yang juga dikenal dengan sebutan Soya Milk atau Soy Milk ini juga menyegarkan, mengenyangkan sekaligus tidak mengandung lemak jahat.

Dilansir dari laman drweil.com, susu ini dapat dikonsumsi oleh semua orang di segala usia mulai anak-anak hingga orang dewasa. Dengan cara pengolahan yang tepat, susu kedelai bisa memiliki rasa yang super enak dan bikin nagih. Tapi, cara pengolahan yang kurang tepat akan membuat susu kedelai memiliki rasa langu yang kurang diminati.

Agar susu kedelai yang kita buat sendiri di rumah tidak langu, ada beberapa tips yang perlu kita perhatikan. Tips tersebut adalah sebagai berikut.

Pemilihan Kacang Kedelai
Tips pertama adalah memilih kacang kedelai yang berkualitas baik. Pisahkan biji kedelai yang sudah pecah dan masih utuh. Gunakan biji kedelai yang masih utuh, bagus dan baru. Cuci bersih kedelai yang hendak diolah menjadi susu kedelai. Saat mencuci kedelai, jangan gunakan biji kedelai yang mengambang.

Perendaman Biji Kedelai
Rendam biji kedelai dengan air bersih kurang lebih selama 8 sampai 12 jam. Ganti air untuk merendam biji kedelai paling lama 6 jam sekali. Jika kedelai sudah direndam dan kulitnya mengelupas, buang kulit kedelai hingga bersih. Cuci hingga bersih biji kedelai yang sudah terpisah dari kulitnya.

Haluskan Biji Kedelai
Haluskan biji kedelai yang sudah dicuci bersih dengan blender atau mesin penghancur makanan lainnya. Saring kedelai yang sudah dihaluskan dengan kain katun yang bersih. Ambil sari kedelainya saja dan sisihkan ampasnya.

Merebus Susu Kedelai
Rebus sari kedelai agar menjadi susu kedelai dengan api sedang. Pastikan panci untuk merebus sari kedelai bersih. Pastikan pula api untuk merebusnya memiliki bara api sedang yang stabil. Jangan rebus susu kedelai di atas api yang terlalu panas atau terlalu redup.

Campurkan Gula & Bahan Lainnya
Untuk dapatkan rasa susu kedelai yang lebih menggugah selera, tambahkan gula, ekstra vanili atau aroma minuman buah-buahan serta cokelat. Tambahkan sedikit demi sedikit kemudian aduk hingga rata sambil direbus hingga mendidih.

Saring Kembali Susu Kedelai yang Sudah Matang
Penyaringan dilakukan agar memperoleh susu kedelai dengan kualitas super dan rasa enak tanpa langu. Sajikan susu kedelai yang sudah matang selagi masih hangat dan simpan susu kedelai yang memang belum hendak dikonsumsi di dalam lemari es.

Itulah tips agar susu kedelai tidak langu. Tips yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga tips ini bermanfaat.






(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading