Sukses

Lifestyle

Resep Red Curry Beef on Crispy Rice Cakes, Cocok Disantap Bersama Keluarga

Ladies weekend adalah waktu yang tepat untuk berkumpul dan makan bersama orang-orang tercinta. Nah, daripada kamu macet-macetan dan antre di restoran, lebih baik kamu memasak hidangan lezat untuk menghangatkan suasana di rumah.

Food Blogger asal Singapore, Sarah Benjamin pun membagikan resep Red Curry Beef on Crispy Rice Cakes, sebuah resep yang mudah dimasak dengan kombinasi rasa yang unik. Yuk intip bahan dan bagaimana cara memasaknya.

Bahan-Bahan
5 cabai kering besar, direndam dalam air
1 sdt garam
1 bawang merah, kupas dan dicincang kasar
5 siung bawang putih, kupas
1 potongan lengkuas 5 cm, kupas
2 tangkai serai, lapisan luar dan ujung yang keras dibuang, dicincang
1 sdm ketumbar
2 sdt jintan tanah
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt pasta udang
zest dari 2 kaffir limes atau jeruk nipis
2-4 cabai mata burung, tangkai dihapus (atau tambahkan lagi jika Anda benar-benar menyukai makanan pedas)

Saus Kari:
1 1/2 sdm gula merah
1 sdm kecap ikan
3 sdm minyak sayur
1 cangkir santan kelapa
3 daun limau kaffir, robek halus
daun kemangi Thailand, dikuduskan, untuk hiasan (jika ada)
3 irisan jeruk nipis, untuk disajikan
garam
 
Untuk Bumbu Nasi:
2 tbsp + 1 tbs gula
1 sdt garam
2 sdm cuka nasi jepang
2 cangkir nasi jepang, matangkan
2 gelas air
2 sdm kecap
1/2 sdm kecap ikan
2 steak ribs atau sirloin

Cara Membuat
1. Pertama, buat bumbu pasta dengan mencampur semua bahan bersama dalam blender sampai halus. Tambahkan beberapa minyak. Sisihkan.

2. Dalam panci, panaskan minyak di atas api sedang, dan goreng pasta bumbu sampai harum, dan minyak akan sampai ke permukaan. Aduk rata  gula merah dan kecap ikan.

3. Tambahkan santan dan garam, karinya sampai mendidih.

4. Balikkan panas, tutup panci, dan biarkan mendidih selama 15 sampai 20 menit, sampai sausnya menebal. Bumbui dengan gula tambahan, jika perlu. Masukkan daun limau kaffir yang diparut halus, dan sisihkan untuk mendinginkannya.

5. Sementara karinya sedang dimemasak, buat nasi. Aduk 2 sendok makan gula, garam dan cuka beras bersama. Lipangkan campuran ini ke dalam nasi yang baru dimasak secara merata.

6. Basahi sedikit tangan kamu, dan ambil segenggam kecil nasi. Tekan bersama untuk membentuk persegi panjang yang rata, seperti nasi di sushi. Cobalah untuk mendapatkan sisi sesedikit mungkin.

7. Panaskan wajan dengan api sedang-tinggi dan tambahkan satu sendok makan minyak ke dalam panci. Goreng kue beras selama 1 menit di setiap sisinya, sampai agak garing. Angkat ke piring.

8. Aduk saus ikan, 1 sdm gula dan kecap bersama sampai gula larut. Sikat campuran ini ke semua sisi kue beras, lalu kembali ke wajan dan masak dengan api sedang untuk berkarbohidrat di semua sisi.

9. Selanjutnya, bakar steak, bagian luar steak kering dengan kertas dapur. Panaskan satu sendok makan minyak dalam penggorengan di atas api yang tinggi. Goreng steak selama 4-5 menit, balik setiap 20 detik, sampai melihat pinggiran strak warna keemas, dan steak dimasak sesuai keinginan. Jika memiliki termometer digital, steak harus 54-55C untuk medium. Angkat steak ke piring, tuang ke jus panci, dan biarkan selama 5-10 menit. Iris steak menjadi irisan setebal 1 cm.

10. Untuk menyajikan, letakan kue nasi di atas piring, dan di atasnya ada sepotong steak. Sendokkan beberapa saus kari merah di atas, dan hiasi dengan daun kemangi Thailand. Sajikan bersama irisan jeruk nipis.

Selamat memasak, ladies!



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading