Tips Tampil Percaya Diri Saat Kencan Pertama

Fimela02 Jan 2018, 10:30 WIB
Kencan pertama/Copyright Shutterstock

Kencan pertama biasanya jadi momen yang paling menentukan. Pasti ada persiapan yang dilakukan. Selain memilih busana yang nyaman, tak jarang ada juga yang melakukan perawatan kecantikan terlebih dahulu sebelum kencan pertama. Apakah kamu salah satu diantaranya? Kalau iya, pastikan kamu memberi jeda beberapa hari antara perawatan dengan jadwal kencan pertama kamu, ya! Ada beberapa perawatan yang memiliki efek samping yang dapat mempengaruhi penampilan. Maksudnya sih ingin tampil cantik, tapi efek sampingnya kalau blunder kan sayang juga ya. Karena itu, coba lihat beberapa perawatan yang sebaiknya dihindari berikut.

Eyebrow Threading

Alis berantakan saat kencan pertama? That’s s big no-no! Untungnya, alis bisa cepat dirapikan baik dengan plucking maupun threading. Tinggal mampir ke salon waxing, langsung kembali rapi deh alisnya! Kalau kamu berpikiran untuk mampir ke salon waxing di mall tepat beberapa jam sebelum kencan pertama, sebaiknya kamu urungkan niat tersebut. Eyebrow threading akan meninggalkan bekas kemerahan pada sekitar alis. Belum lagi, area yang habis dilakukan treatment akan lebih sensitif sehingga penggunaan makeup pada area tersebut dapat menyebabkan iritasi. Maka dari itu, selalu beri jeda waktu antara threading dengan kencan, ya! Untuk kemerahan pada kulit, umumnya akan menghilang dalam 1-2 jam saja, namun untuk sensitifitas kulit baru akan berkurang keesokan harinya. Setidaknya, jika ini melakukan treatment ini, lakukan 1 – 2 hari sebelumnya.

Teeth Whitening

Menampilkan senyum cantik saat kencan pertama, tentu menjadi hal penting untuk meninggalkan kesan baik. Senyum cantik rasanya kurang lengkap tanpa tampilan gigi yang putih dan bersih. Ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan gigi yang putih bersih. Bisa dengan perawatan ke dokter, maupun perawatan dengan teeth-whitening kit yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Jika kamu hendak memutihkan gigi, lakukan setidaknya 2-3 hari sebelum jadwal kencan, ya. Gigi kamu butuh waktu untuk menyesuaikan warna agar putihnya terlihat alami. Selain itu, gigi yang baru saja diputihkan akan meningkat sensitivitasnya. Jangankan untuk makan, untuk minum air saja bisa terasa ngilu.

Baca juga: PRP Treatment, Perawatan Kulit “Vampir” yang Bisa Mempercantik Kulit

Shaving/Waxing

Saat kencan, mungkin ada yang ingin memperlihatkan tampilan kulit yang mulus tanpa bulu. Perawatan berupa shaving maupun waxing menjadi pilihan utama untuk menghilangkan bulu yang tidak diinginkan. Waxing seringkali menyebabkan kulit terasa perih dan gatal. Tak jarang juga ada beberapa orang yang mengalami iritasi dan ingrown hair. Memang sih, tidak merusak penampilan. Tapi rasa nyaman yang ditimbulkan mungkin akan mengganggu kencan kamu. Beri jeda setidaknya 4 – 7 hari untuk meredakan rasa tidak nyaman pada kulit. Kalau kamu lebih memilih untuk menghilangkan bulu dengan bercukur, pastikan untuk melakukannya sehari sebelum kencan. Ingat untuk menggunakan krim cukur yang banyak untuk mencegah razor bumps.

Facial

Facial/Copyright Shutterstock

Kamu yang punya masalah dengan wajah berjerawat pasti ingin tampil dengan kulit yang lebih mulus saat kencan pertama. Mulai dari facial dengan mengunjungi klinik kecantikan, ataupun memecahkan jerawat sendiri di rumah. Kalau kamu sudah pernah melakukan facial, tentu sudah tahu kan dampak dari facial? Sehabis facial, kulit dapat mengalami kemerahan dan terkelupas. Belum lagi dalam kasus tertentu, facial dapat menyebabkan purging. Rasanya, bukan tampilan yang cantik untuk kencan pertama, ya? Untuk mengurangi efek samping tersebut, beri jeda selama 7-10 hari sebelum melakukan kencan.

Baca juga: 7 Perawatan Tubuh Pra Nikah yang Perlu Dilakukan Pengantin Wanita

Hair Cutting/Hair Colouring

Hair Cutting/Hair Colouring/Copyright Shutterstock

Sama seperti perawatan lainnya, perawatan rambut pun membutuhkan jeda waktu untuk membuat tampilan rambut menjadi settle. Kalau hanya styling sih, mungkin masih aman. Namun sebaiknya kamu menghindari perawatan berupa potong rambut atau pengecatan rambut. Bagaimana jika potongan rambut kamu gagal? Masa iya kamu mau menggunakan topi selama kencan? Supaya lebih aman, lakukan potong rambut setidaknya 2 minggu sebelum kamu melakukan kencan. Untuk pewarnaan rambut, butuh beberapa kali keramas hingga tone-nya berkurang dan terlihat lebih alami. Beri jeda juga selama 1-2 minggu sebelum kencan pertama.

(vem/sociolla/apl)