Sukses

Lifestyle

Menurut Studi, Orang yang Lahir di Bulan Ini Paling Cerdas dari Lainnya

Tingkat kecerdasan seseorang bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Tapi pernah menyangka nggak kalau bulan lahir juga bisa mempengaruhi kecerdasan? Well, kesannya memang tak masuk akal ya tapi ada sebuah penelitian menarik terkait hal ini.

Dikutip dari her.ie, sebuah penelitian yang dipublikasikan di National Bureau of Economic Research memiliki kesimpulan bahwa orang yang lahir di bulan September lebih cerdas dari yang lainnya. Penelitian ini mendata perkembangan kognitif dari 1,2 juta murid sekolah negeri di Florida dengan rentang usia 6-15 tahun dengan memperhatikan tanggal lahirnya.

Dari data yang dikumpulkan tersebut, ditemukan bahwa murid yang lahir bulan September memiliki nilai akademis tahunan di atas rata-rata di sekolahnya dibandingkan murid yang lahir di bulan lainnya. Sedangkan yang lahir di bulan Agustus memiliki nilai yang paling buruk. Wah, cukup mengejutkan juga ya.

Para peneliti juga menyebutkan bahwa nilai mereka bisa terus meningkat dan membuat peluang para murid yang lahir di bulan September berhasil masuk kampus terbaik. Penelitian berjudul School Starting Age and Cognitive Development juga memperhatikan sejumlah faktor sosial ekonomi lainnya yang bisa mempengaruhi prestasi anak di sekolah, seperti pendidikan anak, latar belakang etnis, dan tingkat kesejahteraan. Para peneliti juga menyebutkan bahwa anak-anak yang kurang berprestasi karena kondisi atau keadaan tertentu bakal bisa mengejar ketinggalan sebelum ujian formal di usia selanjutnya.

Memang cukup mengejutkan juga mengetahui hasil penelitian ini. Tapi tak perlu berkecil hati kalau kamu tidak lahir di bulan September. Jelas ada banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan dan kepintaran kita. Sementara untuk kamu yang lahir di bulan September, jangan keburu ge-er dulu ya. Kalau kita tidak meningkatkan kemampuan kita sendiri untuk bisa jadi orang yang lebih cerdas dari waktu ke waktu, pastinya kita bakal ketinggalan dari lainnya.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading