Sukses

Lifestyle

Agar Kuah Sayur Bayam Tak Hitam, Begini Cara Memasaknya

Fimela.com, Jakarta Salah satu sayur yang kaya akan gizi baik untuk tubuh adalah bayam. Bayam memang bisa diolah jadi aneka hidangan lezat, salah satunya diolah jadi sayur bening. Sayangnya banyak yang mengeluhkan kuah bayam yang jadi hitam. Ternyata ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan saat memasak bayam agar kuahnya tidak hitam.

  • Untuk sayur bening sebaiknya pilih bayam cabut. Bayam cabut ini cirinya cukup mudah, daunnya yang berbentuk bulat dan cenderung cekung, serta warnanya hijau muda. Batangnya yang lebih renyah dan kecil pun sangat pas diolah menjadi sayur berkuah.
  • Pilih bayam yang masih segar. Hindari Hindari bayam yang sudah layu, kering, dan busuk. Bayam yang baru dibeli sebaiknya langsung diolah.
  • Saat memasak bayam tunggu agar airnya mendidih dulu. Jangan masukkan bayam saat airnya masih dingin. Saat merebus gunakan panci stainless steel. Jadi bukan dengan panci yang terbuat dari besi atau aluminium. Kalau merebus atau memasaknya dengan panci besi atau aluminium, nantinya senyawa zat besi akan bereaksi dan membuat warna bayam berubah lebih cepat jadi kehitaman.
  • Bayam sebaiknya dikonsumsi sampai habis, hindari menghangatkan kembali sayur ini jika sudah lebih dari 5 jam.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading