Sukses

Lifestyle

Jala Cooking Academy, Memberikan Pengalaman Memasak yang Seru dan Spesial

Fimela.com, Jakarta Memasak bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Tapi memasak juga bukan merupakan kegiatan yang mustahil untuk dipelajari. Mengisi waktu berlibur dengan belajar memasak merupakan ide seru untuk dilakukan. Aktivitas ini bisa kamu coba saat mengunjungi Four Seasons Bali, Jimbaran.

Saat tim Fimela.com diundang untuk menikmati dam bereksplorasi di Four Seasons Bali, Jimbaran, kami pun diajak untuk melakukan salah satu aktivitas yang disediakan di sini. Ya, Jala Cooking Academy merupakan program short cooking class, di mana Chef Kristya Yudha akan berbagi rahasia untuk membuat sajian kuliner khas Indonesia bagi para tamu hotel yang mengikuti sesi ini.

Bisa dikatakan, program ini sangat cocok untuk mengisi waktu berlibur bersama keluarga atau sahabat. Melakukan kegiatan memasak dapat menambah keahlian dan membangkitkan rasa kerjasama sehingga dapat menambah kekompakkan. Keseruan tak hanya terjadi saat melakukan proses memasak saja. Tapi agenda yang dilakukan sangat menyenangkan.

Mengunjungi pasar tradisional

Sebelum memulai memasak, para partisipan cooking class diajak untuk mengunjungi Pasar Kedonganan. Merupakan pasar tradisional di area Jimbaran yang menjual ragam hasil tangkapan laut segar. Jajaran penjaja ikan dengan hasil tangkap yang luar biasa membuktikan bahwa Indonesia memiliki kekayaan laut yang menakjubkan.

Berkeliling pasar sambil diberi penjelasan mengenai tips memilih ikan yang segar, dan trik-trik seputar bumbu masakan dan cara mengolah ikan juga disisipkan oleh Chef Kris selama kami berkeliling pasar tradisional tersebut.

Kurang lebih selama satu jam kami diajak untuk berkeliling Pasar Kedonganan, kami pun kembali menuju Jala Cooking Academy yang berada di area Four Seasons Resort. Perjalanan yang singkat, kami pun sampai kembali. Sesampainya di Jala Cooking Academy, kami disambut oleh menu sarapan ringan dan dipersilahkan untuk mengisi perut sebelum memulai kelas.

Persiapan memasak di Jala Cooking Academy

Energi terisi kembali, Chef Kris langsung mengajak kami untuk bersiap memulai cooking class. Satu persatu peserta dipersilahkan mengenakan apron serta topi chef. Seketika, tampilan tersebut membuat saya merasa seperti seorang chef profesional.

Di setiap spot kami, sudah tersedia buku panduan memasak lengkap dengan resep-resep dan tata cara memasaknya. Kesempatak kali ini, kami akan diajarkan untuk membuat menu spesial yaitu bertema Jimbara Seafood.

Sebanyak 6 menu masakan kami buat selama cooking class berlangsung. Dimulai dengan Nasi Kuning, Sup Ulam Segara, Be Tompek Base Kuning, Lawar Kenus, Sambal Kemangi, dan Kue Labu sebagai hidangan penutup.

Sekilas, menu tersebut memang terlihat sulit untuk dilakukan. Namun Chef Kris dengan seksama menjelaskan dan mempraktikkan langsung setiap menu sehingga menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

 

Berkeliling mini garden

Proses memasak selesai dan sambil menunggu beberapa hidangan matang, kami diajak berkeliling sejenak untuk mengunjungi kebun kecil yang ditanami oleh aneka tanaman yang digunakan untuk memasak. Sereh, jahe air, aloe vera, papaya, cabai, dan tanaman lainnya juga dihadirkan di sini. Chef Kris pun mengajak berkeliling sambil menceritakan singkat bagaimana tiap karakter rasa dari tanaman-tanaman yang sering digunakan untuk memasak ini.

Setelah itu, kami pun kembali ke dalam Jala Cooking Academy dan mulai mempersiapkan masakan yang telah dibuat tadi. Setelah tertata sempurna di piring, dengan presentasi cantik dan sempurna, masakan siap disantap.

Pengalaman seru dan berharga

Pengalaman mengikuti kelas memasak di Jala Cooking Academy menjadi kesempatan yang sangat berarti, tak hanya keseruan yang didapat. Namun ilmu yang sangat berguna dari pakarnya menjadi nilai tersendiri selama berada di Four Seasons Bali, Jimbaran.

Jika bersandang ke Bali, kelas ini merupakan kelas umum yang bisa diikuti oleh siapa saja. Kelas ini berlangsung kurang lebih selama 4 – 5 jam dan karena tempat yang cukup terbatas, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar terdaftar untuk mengikuti cooking class di Jala Cooking Academy.

Kelas usai, kami pun diberi kenang-kenangan manis berupa sertifikat tanda kelulusan dari Jala Cooking Academy, serta apron cantik sebagai penyemangat untuk terus memasak di hari-hari ke depannya.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading