Sukses

Lifestyle

Karya-Karya Indah Sastrawan Nh Dini Semasa Hidupnya

Jakarta Kabar duka menyelimuti dunia sastra Indonesia, sastrawan besar Nh Dini meninggal dunia karena kecelakaan Selasa (4/12/2018) sore kemarin. Beragam karya-karyanya digemari banyak orang dan tak pernah lekang waktu.

Nh Dini dikenal sebagai salah satu penulis yang peduli dengan kaum perempuan. Terlihat dari karena karya-karyanya yang kerap menceritakan kkehidupan kaum perempuan. Beberapa karya Nh Dini yang cukup dikenal adalah Pada Sebuah Kapal (1972), La Barka (1975), Namaku Hiroko (1977), Orang-orang Tran (1983), Pertemuan Dua Hati (1986), dan Hati yang Damai (1998).

Tak hanya itu, ia juga konsisten berkarya dalam bentuk kumpulan cerpen, novelet, atau cerita kenangan. Seperti dikutip dari berbagi sumber, banyak yang menyebutnya sebagai pengarang sastra feminis yang terus menyuarakan kemarahan kepada kaum laki-laki.

Terlepas dari apa pendapat orang lain, ia mengatakan bahwa ia akan marah bila mendapati ketidakadilan khususnya ketidakadilan gender yang sering kali merugikan kaum perempuan. 

Hingga kini, Nh Dini telah menulis lebih dari 20 buku. Kebanyakan di antara novel-novelnya itu bercerita tentang wanita. Namun banyak orang berpendapat, wanita yang dilukiskan Dini terasa “aneh”. Ada pula yang berpendapat bahwa dia menceritakan dirinya sendiri.

Itu penilaian sebagian orang dari karya-karyanya. Akan tetapi terlepas dari semua penilaian itu, karya Nh Dini adalah karya yang dikagumi. Buku-bukunya banyak dibaca kalangan cendekiawan dan jadi bahan pembicaraan sebagai karya sastra.

Daftar Buku Karya Nh Dini

Pada Sebuah Kapal

Hati yang Damai

Padang Ilalang di Belakang Rumah

Sekayu

Pertemuan Dua Hati

Keberangkatan

La Barka

Monumen

Istri Konsul

Sebuah Lorong di Kotaku

Kemayoran

Tirai Menurun

Langit dan Bumi Sahabat Kami

Namaku Hiroko

Argenteuil

Dari Rue Saint Simon ke Jalan Lembang

Dua Dunia, buku kumpulan cerita pendek

 

Sumber: Liputan6.com

Penulis: Aditia Saputra.

Berikut Video Terkait

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading