Sukses

Lifestyle

Tidak Bisa Ditoleransi, Ini Cara Menghadapi Catcall

Fimela.com, Jakarta Saat sedang berjalan, tiba-tiba ada seorang pria yang bersiul. Apa yang akan kamu lakukan saat pria tersebut melakukan catcalling terhadapmu? Sebenarnya, catcall yang berupa siulan, candaan, komentar yang menimbulkn situasi yang tidak nyaman karena membuat seseorang bingung dan marah, bahkan takut, juga termasuk dalam sederet bentuk pelecehan

Tidak banyak perempuan yang tahu bagaimana harus bereaksi saat hal ini terjadi. Ada yang langsung berlari menjauh, ada juga yang mengabaikan. 

Reaksi marah justru kadang menjadi trigger bagi para pelaku untuk melakukan hal yang lebih menyebalkan lagi. Mereka bisa saja menjadi lebih agresif. Lantas, bagaimana kamu harus bertindak?

Majalah Magdalene menulis, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Pertama, jika memang takut dan tidak tahu apa yang harus dilakukan, lebih baik menjauh dari kerumunan pria tersebut. Kedua, jika memang tidak tahu harus bagaimana bertindak, hindari kontak mata dengan mereka. 

Biasanya, para pelaku catcall lebih dari dua orang. Mereka melakukan ini bertujuan untuk mendapat perhatian. Semakin kamu marah dan melotot ke arah mereka, bisa jadi mereka justru tambah senang karena merasa berhasil mendapatkan perehatian. Jika begitu, lebih baik langsung saja berjalan. Jawab dengan 'punggung' lekaslah berlalu. 

Namun, penting sekali untuk memberikan respon yang menunjukkan kalau kamu tidak suka dengan perlakuan mereka. Melawan dengan cara frontal mungkin akan lebih berbahaya, apa lagi jika kamu berjalan sendirian. Jadi, pastikan respon yang menunjukkan rasa tidak sukamu sampai kepada mereka. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading