Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini Kalau Ingin Tidur Nyenyak

fitriandiani06 Des 2018, 16:00 WIB
Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini Kalau Ingin Tidur Nyenyak

Fimela.com, Jakarta Tidur nyenyak adalah kebutuhan. Sedikit banyak, tidur yang nyenyak merupakan salah satu faktor penunjang kualitas hidup yang baik. Tapi, bagi sebagian orang tidur bahkan merupakan 'barang langka'.

Kadang, jangankan tidur nyenyak, rasa kantuk pun tak kunjung datang meski hari sudah larut, bahkan saat badan sudah teramat lelah.

Ada banyak faktor penyebab sulit tidur di malam hari. Untuk yang tergolong sleep disorder, tentu butuh penanganan medis lebih lanjut. Jika hanya faktor kebiasaan, cobalah untuk mulai mengurangi makanan-makanan berikut, terutama di malam hari.

1. Daging Merah

Meski bisa diolah menjadi berbagai kudapan lezat, daging merah bisa menyebabkan sulit tidur karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Hal tersebut bisa menimbulkan perasaan tak nyaman, makanya kalau dimakan di malam hari, tidur pun bisa terganggu.

2. Makanan Pedas

Senyawa pedas dari cabai yang bernawa capsaicin bisa mengusik ketenangan ketika tidur. Selain itu, rasa pedas bisa meningkatkan suhu tubuh dan membuat tidak nyaman.

2 of 2

3. Makanan Tinggi Gula

Ilustrasi
Ilustrasi penyuka makanan manis. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Asupan gula berlebihan bisa menimbulkan sugar rush di mana gula berlebih akan diolah jadi energi yang berlebih pula, sehingga rasa kantuk pun enggan datang.

4. Alkohol

Banyak yang beranggapan menenggak alkohol di malam hari bisa buat tidur nyenyak. Alkohol hanya akan membuat tubuh merasa lebih lelah, namun di saat yang bersamaan secara negatif mengganggu rapid eye movement (REM). Padahal, REM berfungsi membuat tubuh segar dan memproses memori jangka pendek.

5. Kafein

Adanya kafein di dalam tubuh bisa memblokir adenosin kimia yang memberi efek terjaga selama kurang lebih enam jam dengan cara membuat perasaan gelisah. Batasi konsumsi kafein harian, dan usahakan jangan minum kopi atau minuman berkafein lain setelah makan siang agar tidur lebih berkualitas.

Lanjutkan Membaca ↓