Sukses

Lifestyle

Ini 9 Tanda yang Dialami Ketika Kurang Minum

Fimela.com, Jakarta Biasa mendengar bahwa seseorang seharusnya minum delapan gelas air dalam sehari? Sayangnya, masih banyak orang mengabaikan hal ini, entah karena kesibukan atau lupa, benar?

Dilansir dari thelist.com, Jumat (7/12/2018), tubuh orang dewasa rata-rata terdiri dari 55 sampai 60% air. Berikut ini adalah beberapa tanda bahwa tubuh kurang minum air, penasaran?

1. Kulit kering

Sangat normal ketika terjadi perubahan pada kulit seiring dengan adanya perubahan musim atau cuaca. Sayangnya, dehidrasi biasanya membuat kulit tetap kering, walaupun telah diaplikasikan produk pelembap.

2. Mulut kering dan haus berlebihan

Tanda yang cukup jelas bahwa tubuh kurang minum adalah mulut dan lidah yang terasa lengket. Yang perlu diingat adalah bahwa mulut kering dan dahaga meningkat bisa karena sesuatu yang lebih serius.

3. Sakit kepala

Ini adalah salah satu tanda paling serius, sakit kepala. Menurut National Headache Foundation, sakit kepala adalah tanda umum dari seseorang yang mengalami dehidrasi ringan hingga sedang.

4. Merasa lelah terus menerus

Perhatikan rutinitas harian, apakah waktu tidur telah cukup setiap malam? Istirahat yang baik dan minum air yang cukup tidak akan membuat tubuh merasa lemas dan lelah sepanjang waktu.

 

Berat badan naik, sembelit, infeksi saluran kemih, mudah tersinggung, dan kram otot

5. Berat badan naik

Penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi ringan dapat mengirimkan sinyal campuran ke otak dan membuat tubuh berpikir tentang lapar. Padahal yang dibutuhkan adalah air, sehingga cobalah untuk minum satu hingga dua gelas air sebelum makan.

6. Sembelit

Tubuh membutuhkan cairan untuk membuang limbah melalui saluran pencernaan, sehingga jika tubuh tidak cukup minum air, proses pembuangan tidak akan berjalan lancar. Dehidrasi adalah penyebab utama dari sembelit kronis.

7. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih adalah pengalaman paling tidak nyaman dan tidak menyenangkan. Salah satu penyebab dari infeksi saluran kemih adalah dehidrasi.

8. Mudah tersinggung dan murung

Suasana hati yang buruk juga bisa jadi tanda-tanda dari dehidrasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi ringan dapat menyebabkan perubahan neurologis yang mempengaruhi kemampuan untuk fokus.

9. Kram otot

Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara dehidrasi dan kram otot. Sudah cukup minum air hari ini?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading