Sukses

Lifestyle

Info Ramadan 2018: Hal Ini Tak Batalkan Puasa Tapi Bisa Mengurangi Pahala

Selama puasa sebulan penuh di bulan Ramadan 2018 ada banyak kesempatan yang bisa kita manfaatkan untuk mendapat berkah dan pahala berlimpah. Setiap perbuatan dan hal baik yang kita lakukan bisa berbuah pahala. Tapi tahukah kalau ada perbuatan-perbuatan yang bisa mengurangi pahala puasa meski tak membatalkan puasa?

Dikutip dari buku The Miracle of Fast, para ulama membagi dua kategori perbuatan-perbuatan yang membatalkan puasa: (1) perbuatan yang hanya membatalkan puasa secara dzahir, seperti makan, minum, dan bersetubuh; dan (2) perbuatan yang hanya membatalkan pahala puasa, tapi puasanya tetap sah.

Nah, berkaitan dengan hal-hal yang membatalkan puasa tersebut, Rasulullah saw., bersabda:
"Banyak orang yang berpuasa tapi tidak mendapatkan apa-apa (pahala) dari puasanya tersebut, kecuali lapar dan dahaga." (HR. Ibnu Majah)

Yuk, perbanyak berbuat baik di Ramadan 2018 kali ini./Copyright shutterstock.com

Dijelaskan lebih lanjut bahwa penyebab seseorang bisa berkurang atau tidak mendapat pahala puasa adalah karena tidak memperhatikan adab-adab selama berpuasa. Agar bulan Ramadan 2018 kali ini lebih baik dan mendapat pahala puasa, kita perlu meninggalkan sejumlah hal buruk. Beberapa hal buruk yang sebaiknya kita tinggalkan selama puasa, antara lain:
1. Melakukan ghibah atau membicarakan keburukan orang lain.
2. Berbohong.
3. Mencaci maki, mengumpat, dan melontarkan perkataan yang sia-sia.
4. Melakukan perbuatan yang menimbulkan permusuhan.
5. Berbuat onar atau mengadu domba.
6. Melihat hal-hal yang tercela (tidak menjaga pandangan).
7. Menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tak berguna.

Puasa tak sekadar menahan haus dan lapar saja. Tetapi juga menjaga lisan, pendengaran, penglihatan, dan perbuatan. Meski mungkin terasa berat tapi yakin saja bahwa semua usaha yang diniatkan ibadah pasti akan membawa kebaikan untuk diri kita sendiri. Urusan pahala memang bukan kita yang mengatur. Walau begitu, selalu ada cara yang bisa kita usahakan untuk meraih lebih banyak berkah.

Sikap dan perbuatan kita selama puasa harus benar-benar dijaga ya ladies. Saatnya untuk mengisi Ramadan 2018 dengan berbagai hal yang lebih positif. Perbaiki kualitas ibadah kita dan juga bangun lagi kebiasaan-kebiasaan yang lebih baik untuk mendapat lebih banyak kebaikannya.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading