Cerita di Balik Iklan Ramadan yang Viral Hingga Menuai Pujian

Fimela25 Mei 2018, 13:08 WIB
copyright YouTube.com/Tokopedia

Setiap bulan Ramadan kita selalu disuguhi dengan iklan ikonik dari produk-produk di Indonesia. Dari produk minuman, transportasi online, hingga fashion online. Iklannya pun beragam dan dikemas dengan beberapa konten yang siap menyentuh hatimu hingga membuatmu tertawa.

Pada bulan Ramadan tahun ini ada 3 iklan produk lokal Indonesia yang menjadi perbincangan masyarakat. Karena konten yang kreatif dan menarik, iklan tersebut menjadi viral hingga menuai pujian dari Joko Anwar. Melalui akun twitternya, @jokoanwar, sutradara ternama tersebut mengapresiasi ide kreatif pembuat iklan tersebut. Menurutnya, iklan Tokopedia, GO-JEK, dan Ramayana gagasan yang berani untuk tidak membuat iklan asal hard-sell.

Tokopedia sendiri mengusung iklan Ramadan dengan cerita yang ringan, namun sangat menyentuh hati dengan bertajuk Jadikan  Ramadan Kesempatan Terbaik. Dengan pesan yang ingin disampaikan Tokopedia, bahwa momen Ramadan merupakan kesempatan untuk melakukan kebaikan.

Cuitan Joko Anwar di akun Twitternya/copyright twitter.com/Joko Anwar

Dalam iklan yang berdurasi selama 2 menit ini, menceritakan kisah tentang Rafi dan Ibunya yang tinggal di daerah pesisir tapi belum pernah mencicipi udang galah seumur hidupnya. Dan, Ramadan tahun ini menjadi kesempatan bagi Rafi untuk memberikan yang terbaik bagi sang Ibu.

Iklan Ramadan Tokopedia yang mengambil lokasi di Anyer, hanya memakan waktu produksi selama satu bulan. "Dengan timeline yang sangat ketat, kerja keras dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk memastikan bahwa semua materi ter-deliver tepat waktu dan tetap mengedepankan kualitas yang maksimal.” pungkas Monita, selaku Head of Brand Tokopedia.

Sementara itu iklan Ramayana yang bertema kasidah juga menjadi bahan perbincangan karena keunikannya yang mampu mengundang tawa. Sang sutradara, Dimas Djay, dalam karyanya kali ini memang sengaja memasukkan konsep kasidah dalam iklan. Adanya hal-hal lucu dalam iklan tersebut menjadi hal yang ikonik. Seperti, scene di mana salah satu anggota kasidah muncul dari dalam magic jar.

Di lain sisi, ada produk lokal berbasis transportasi online, GO-JEK, yang mengusung iklan Ramadan bertema Cari Pahala. Iklan yang berdurasi 1 menit ini memakan waktu kurang lebih satu bulan. Mulai dari brainstorming hingga ke tahap shooting.

Tokopedia kali ini mampu menyuguhkan iklan yang ringan namun begitu menyentuh hati/copyright YouTube.com/Tokopedia

“Ide awal membuat iklan #caripahala dengan anak kecil karena ingin kelihatan berbeda dengan brand lain. Kita tidak mau terlalu hard selling dan  emosional sehingga memilih tema yang lebih cheerful agar mudah teringat oleh masyarakat.” Jelas Cissylia Stephani sebagai VP Brand GO-JEK.

Dengan adanya iklan kreatif yang menjadi viral belakangan ini memberikan sinyal positif bagi industri kreatif dan periklanan di Indonesia. Hasil kreatifitas anak bangsa menunjukkan bahwa Indonesia semakin mampu bersaing dengan negara lain, seperti Thailand dan Filipina yang dianggap sebagai dunia periklanan terbaik di Asia.

Joko Anwar juga berharap agar dunia periklanan di Indonesia semakin kreatif. Bahkan cuitan pada akun twitter Joko Anwar juga mengundang reaksi netizen yang juga menilai iklan-iklan tersebut patut diacungi jempol.

Ternyata Indonesia tidak kalah kreatif dalam dunia periklanan ya, Ladies. Semoga Indonesia semakin maju dalam dunia kreatif dan periklanan. Kalau kamu suka yang mana?



(vem/zzu/mim)