Untuk Mengatasi Stres, Ahli Terapi di Spanyol Ini Manfaatkan Kuda

Fimela25 Mei 2018, 17:00 WIB
copyright merdeka.com/reuters/Juan Medina

Seorang ahli terapi asal Spanyol yakni Fernando Noailles memiliki cara unik untuk mengatasi masalah stres, kecemasan maupun depresi yang dialami pasien-pasiennya. Pria paruh baya ini memanfaatkan kuda untuk membantu para pasiennya terlepas dari masalah stres dan depresi.

Dilansir dari laman reuters.com, Fernando telah menghabiskan waktunya selama bertahun-tahun di padang gurun Patagonian dengan hidup bersama kuda-kudanya dan menjadikan hewan tersebut sebagai perantara untuk mengatasi masalah kecemasan, stres atau depresi.

Terapi menggunakan kuda untuk mengatasi stres/copyright merdeka.com/reuters/Juan Medina

Pasien Fernando yang datang padanya akan menghabiskan waktu selama beberapa jam untuk berinteraksi dengan kuda, mengenal mereka kemudian mencurahkan keluh kesahnya. Guadalix de la Siera di luar Madrid, Spanyol adalah salah satu kuda terbaik sekaligus kuda terapis milik Fernando.

Kuda ini membantu banyak orang untuk terlepas dari masalah stres dan depresi. Menurut Fernando, kuda adalah hewan yang bisa menafsirkan perasaan seseorang. Mereka adalah hewan yang bisa menghibur dan menenangkan orang-orang dengan pikiran cukup kacau, stres dan depresi.

Kuda dikatakan sebagai hewan yang suka bersahabat dengan sekitarnya. Fernando mengatakan, "Kuda adalah cermin. Mereka adalah makhluk yang bisa berteman, lahir untuk hidup dalam sebuah kawanan. Kuda bisa melihat apa yang dirasakan oleh kita dan mereka akan tenang ketika kita pun telah tenang."

Terapi ini dipercaya bisa mengatasi stres dan depresi/copyright merdeka.com/reuters/Juan Medina

Sejauh ini, telah ada banyak orang yang mengikuti sesi terapi ala Fernando dan kuda-kuda miliknya. Salah satu orang yang mengikuti sesi ini dalam Loreta Garcia. Ia mengaku telah mengikuti sesi terapi ini selama dua tahun untuk mengatasi setiap stres atau depresi yang ia alami.

(vem/mim)