5 Tips Liburan Keluarga Seru Nggak Pakai Ribet

Fimela25 Mei 2018, 16:20 WIB
Ilustrasi liburan keluarga./Copyright pixabay.com

Liburan keluarga memang seru dan selalu bisa menghadirkan cerita baru. Cuma memang nggak bisa dipungkiri kalau liburan bareng keluarga itu bisa sangat ribet. Namanya juga liburan rame-rame, kadang ada aja yang bikin repot. Tapi sebenarnya ada solusi untuk masalah ini.

Jadi jangan khawatir, liburan keluarga tidak akan menjadi beban selagi Anda bisa mengkomunikasikan bersama anggota keluarga. Untuk mewujudkannya, ikuti 5 tips ini untuk menyiapkan liburan yang menyenangkan bersama keluarga:

1. Rencanakan sejak jauh hari
Merencanakan liburan sejak jauh hari bisa dimulai dengan menentukan tanggal keberangkatan. Tentukan tanggal dari jauh hari agar seluruh anggota keluarga bisa segera mengosongkan jadwal.

Diskusikan dengan setiap anggota keluarga agar jadwal liburan tidak saling bertabrakan. Meski tidak mudah, menetapkan kapan waktu untuk berlibur dari jauh hari juga akan membantu Anda melewati setiap tahapan persiapan liburan, sehingga perencanaan yang dilakukan lebih terorganisir.

2. Reservasi hotel dan pesawat
Ketika semua anggota keluarga sudah sepakat, segera lakukan reservasi hotel dan pesawat. Dengan begini, biaya yang Anda keluarkan akan cenderung lebih murah karena memesannya jauh dari hari keberangkatan.

Selain itu, hal ini juga dapat membantu Anda memilih hotel yang aman, nyaman, dan strategis untuk dihuni seluruh anggota keluarga. Tidak mau kan liburan Anda terhambat karena kehabisan kamar hotel ataupun tiket pesawat?

3. Riset itinerary dan barang bawaan
Lakukan riset dan perencanaan agar bisa menentukan apa saja yang harus dibawa serta apa saja yang bisa dilakukan di tempat destinasi. Hal ini penting untuk dilakukan agar liburan keluarga yang sudah direncanakan tidak berantakan. Di sisi lain, cara tersebut merupakan solusi agar liburan Anda dan keluarga berjalan efektif.

Agar liburan semakin berkesan, jangan lupa memilih aktivitas yang menyenangkan dan dapat dinikmati seluruh anggota keluarga. Misalnya liburan ke Bali, rafting di Sungai Ayung Ubud atau mengunjungi Bali Zoo bisa menjadi pilihan yang tepat karena orang dewasa dan anak-anak bisa sama-sama menikmatinya.

4. Pesan tiket melalui Traveloka
Agar kondisi keuangan keluarga tidak terganggu pasca liburan, rencanakan liburan Anda dengan fitur PayLater dari Traveloka. Fitur terbaru ini memungkinkan Anda membayar transaksi satu bulan setelah pembelian, ataupun melalui cicilan ringan dengan pilihan jangka waktu dua, tiga, hingga enam bulan. Menariknya lagi, PayLater berlaku untuk semua pemesanan tiket pesawat, kereta api, hotel, dan aktivitas dengan batas maksimum kredit hingga Rp10 juta.

Kini, layanan PayLater dapat dinikmati seluruh pengguna Traveloka yang memesan melalui desktop, mobile web, atau Traveloka App. Proses verifikasinya pun cepat sehingga cocok sekali bagi Anda yang ingin pergi liburan tapi terbentur masalah bujet. Dengan begini, Anda bisa mewujudkan liburan keluarga yang nyaman dan terencana ke destinasi impian. Cek info lebih lanjut di halaman PayLater dari Traveloka dan daftar segera.

5. Jaga kesehatan hingga keberangkatan
Selalu ingat bahwa tujuan liburan ini adalah untuk bersenang-senang! Jadi, pastikan untuk tidak kelelahan sebelum berangkat atau selama berada di lokasi liburan. Pasalnya, bila ada salah satu anggota keluarga yang sakit, tentu akan membuat liburan kurang seru.

Selain itu, usahakan waktu liburan tidak diganggu oleh urusan pekerjaan. Selesaikan semua pekerjaan sebelum cuti atau delegasikan beberapa tugas kepada rekan kantor. Jadi saat di tempat liburan, Anda bisa menikmati momen bersama keluarga sepenuhnya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba agar liburan keluarga berjalan lancar sesuai yang diharapkan. Dengan demikian, liburan bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga, sekaligus menjadi suatu kesempatan bagi Anda untuk menghilangkan kepenatan dan kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Selamat berlibur!

Setelah ini pastinya bisa lebih semangat lagi dong liburannya.

Sumber: Liputan6.com




(vem/nda)