Biar Rezeki Makin Berkah & Melimpah, Sisihkan Sebagian Untuk Sedekah

Fimela26 Mei 2018, 11:00 WIB
copyright shutterstock.com

Sedekah merupakan bukti iman dan ketaqwaan seseorang pada Allah. Selain itu, sedekah juga merupakan cara agar seseorang jadi pribadi yang pemurah, pribadi yang sabar dan pribadi yang peduli dengan orang-orang di sekitarnya terutama mereka yang membutuhkan.

Mengenai sedekah, ini bisa dilakukan dengan banyak hal. Jika kita punya harta cukup, sedekahkan sebagian bagi mereka yang kurang mampu. Jika tidak tidak punya cukup harta, sedekahkan apa yang kamu miliki meski itu hanya seteguk air. Dan kalau pun tidak memiliki apapun, senyummu dan kebaikanmu telah menjadi sedekah.

Rasulullah SAW bersabda, "Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan, itu adalah sedekah." (HR. Bukhari).

"Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah." (HR. At-Tirmidzi).



Sedekah sendiri adalah amalan yang memiliki banyak keutamaan. Siapa yang ikhlas dan tulus bersedekah, Tuhan tidak akan segan-segan melipat gandakan sedekahnya, melimpahkan harta dan kebaikan untuknya. Orang-orang yang ikhlas dalam sedekah, maka Tuhan akan memberikan pahala yang berlipat ganda pula.

Sisihkan sebagian rezekimu untuk bersedekah/copyright shutterstock.com

Allah berfirman dalam Al-Quran surat Al Hadid ayat 18, "Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak."

Dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 261, Allah juga berfirman, "Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (sedekah) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugerahNya) lagi Maha Mengetahui."



Mengingat akan banyaknya pahala dan kebaikan yang disebabkan oleh amalan sedekah, pastikan bahwa kita tak lagi merasa sayang apalagi kikir untuk sedekah. Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, perbanyaklah sedekahmu. Sisihkan sebagian Tunjangan Hari Raya (THR) kamu untuk bersedekah ke orang-orang di sekitar yang membutuhkan.

Berikan sedekah kepada keluarga terdekatmu lebih dulu, lalu kepada para tetanggamu dan orang-orang yang mengenalmu lagi membutuhkan uluran tanganmu. Jangan khawatir karena sedekah kita akan kehabisan nikmatNya. Sebaliknya, melalui sedekah kita bisa mendapatkan pahala dan berkah berlipat ganda.

Marhaban ya Ramadan, selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan.



(vem/mim)