Studi Menarik! Wanita yang Dandan Digaji Lebih Tinggi di Tempat Kerja

Fimela09 Jun 2018, 11:15 WIB
Dandan di tempat kerja./Copyright shutterstock.com

Saat kita akhirnya memutuskan untuk bekerja di sebuah perusahaan, kita memang harus mengikuti peraturan yang berlaku. Termasuk dalam hal berpenampilan sehari-hari saat bekerja, seperti gaya baju seperti apa yang harus diikuti agar bisa diterima di perusahaan tersebut. Bahkan mungkin untuk urusan dandan atau bermakeup juga ada rambu-rambu khususnya.

Sejumlah perusahaan bisa jadi punya aturan khusus terkait dandanan seperti apa yang harus diikuti oleh para karyawannya. Bahkan ada studi menarik terkait wanita dan makeup di tempat kerja. Dikutip dari metro.co.uk, sosiolog Jaclyn Wong dan Andrew Penner mengumpulkan data dari sedikitnya 14.000 karyawan untuk mencari tahu kaitan antara gaji/pendapatan dan usaha mereka untuk dandan. Mereka menemukan bahwa wanita yang dandan di tempat kerja digaji lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak dandan. Meski tidak ada penjelasan lebih lanjut soal faktor-faktor lain yang mempengaruhi temuan tersebut tapi cukup menarik juga ada data yang menunjukkan hal itu.

Pentingkah selalu dandan setiap kali akan bekerja?/Copyright shutterstock.com

Kalau bekerja di perusahaan fashion atau kecantikan, para karyawan mungkin memang diharuskan selalu dandan agar bisa menyesuaikan dengan image perusahaannya. Sementara itu di perusahaan lainnya, usaha wanita untuk dandan bisa jadi membuatnya tampak lebih rapi. Meski begitu, kemampuan dan keahlian yang dimiliki wanita tetap jauh lebih penting untuk diperhitungkan di dunia kerja.

Hm, tapi untuk pekerja lepas (freelancer) yang terbiasa bekerja dari rumah dan tidak terikat jam kantor, kayaknya sih kebutuhan untuk dandan tidak jadi prioritas utama ya. Penghasilan atau pemasukan yang didapat pun tergantung dari project yang dikerjakan. Hanya mungkin kalau bidang pekerjaan terkait dengan produk kosmetik atau kebutuhan untuk membuat review produk-produk kecantikan, kemampuan berdandan jadi keahlian yang harus dimiliki.

Kalau menurutmu sendiri bagaimana, ladies? Seberapa penting sih urusan dandan di tempat kerja?






(vem/nda)