Ini Alasan India Jadi Negara Paling Berbahaya Untuk Perempuan

Fimela02 Jul 2018, 19:00 WIB
Negara bahaya untuk perempuan/copyright Pixabay.com/foundry

Terlahir menjadi perempuan memang tak mudah, ada kalanya kamu mendapat perlakuan berbeda di berbagai bidang dengan para pria, bahkan tidak jarang mengalami kejadian tidak menyenangkan di jalan, hanya karena kamu perempuan.

Meski sekarang memang sudah ada emansipasi wanita dan kesetaraan gender yang berlaku di banyak kalangan masyarakat, namun masih saja ada ketimpangan sosial di berbagai tempat, salah satunya adalah negara India.

Dan tahukah kamu bahwa ternyata dilansir dari Indy100, Minggu (1/7/2018), sebuah penelitian yang dilakukan Thomson Reuters Foundation dan dirilis pada 26 Juni 2018 menemukan bahwa India menjadi negara yang memiliki paling banyak kasus kekerasan seksual terhadap perempuan, perdagangan perempuan untuk pekerjaan rumah tangga, kerja paksa, perkawinan paksa, dan perbudakan seksual.

Sebanyak 550 ahli menyatakan hal tersebut dan ini dilakukan pada jajak pendapat antara bulan Maret hingga Mei 2018 dengan melibatkan ahli dari Eropa, Afrika, Amerika, Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Pasifik dengan profesi meliputi akademisi, staf perawatan kesehatan, pekerja non-pemerintah, pembuat kebijakan, spesialis pengembangan, dan pengamat sosial.

India jadi negara paling buruk untuk perempuan/copyright Pixabay.com

Begitu menakutkan, di India ada berbagai risiko yang harus dihadapi perempuan akibat adat istiadat setempat, seperti mutilasi alat kelamin perempuan, kekerasan fisik, dan perkawinan anak. Data pemerintahan setempat menunjukkan, kasus kejahatan terhadap perempuan yang dilaporkan meningkat 83 persen antara tahun 2007 dan 2016. Melihat data tersebut, ada empat kasus perkosaan yang dilaporkan setiap jamnya.

India semakin jadi sorotan ketika baru-baru ini muncul kasus tuduhan delapan pria Hindu yang memperkosa seorang gadis Muslim berusia 8 tahun. Sedangkan April 2018, seorang gadis berusia 7 tahun di kota Kotwali Nagar diperkosa dan dibunuh ketika sudah menikah. Bahkan ada kejadian di mana ribuan orang turun ke jalan untuk menyuarakan aksi protes atas kematian seorang gadis 16 tahun yang meninggal karena diperkosa dan dibakar hidup-hidup di rumahnya.

Menyusul India sebagai negara paling bahaya di dunia untuk perempuan ada 9 negara berikut ini: Afghanistan, Suriah, Somalia, Arab Saudi, Pakistan, Republik Demokratik Kongo, Yaman, Nigeria, dan Amerika Serikat.

Jadi, mungkin kamu perlu memikirkan kesekian kalinya jika berencana berkunjung ke negara-negara ini ya ladies. Dan yang paling penting adalah, pintar-pintarlah menjaga diri sendiri di mana saja.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)