Sukses

Lifestyle

Agar Higienis, 6 Benda di Rumah Ini Harus Sering Dibersihkan

Bersih itu pangkal sehat. Agar kondisi senantiasa sehat, kita wajib menjaga kebersihan. Selain menjaga kebersihan badan, ternyata ada beberapa barang di rumah yang memang sebaiknya lebih sering dibersihkan. Ini karena beberapa benda di rumah ternyata bisa membahayakan kesehatan dan harus sering dibersihkan.

Well, apa saja sih? Intip di sini yuk Ladies.

Sikat Gigi
Benda yang satu ini memang sebaiknya sering dibersihkan. Ini karena semua bakteri dan sisa makanan bisa terkumpul di sikat gigi. Untuk mencucinya, bersihkanlah menggunakan air panas dengan sedikit pasta gigi. Kemudian, gunakan sikat botol atau spons bersih untuk membersihkan seluruh permukaan. Bilaslah dengan air panas atau hangat dan biarkan kering. Kamu juga bisa mencelupkan sikat gigi dalam obat kumur semalaman sebelum menggunakannya di pagi hari.

Kasur
Mengganti sprei secara rutin tidak sama dengan membersihkan kasur Ladies. Kasur ternyata menyerap kotoran seperti debu, keringat, dan sel kulit mati serta rambut. Kasur bisa jadi ladang subur untuk tungau tinggal jika tak dibersihkan secara berkala. Sebaiknya bersihkan kasurmu sebulan sekali. Kamu bisa menaburkan soda kue di atas kasur. Pastikan menutupi seluruh permukaan secukupnya. Kemudian, semprotkan air untuk melembapkannya tanpa membuatnya terlalu basah. Diamkan 15 menit dan kemudian bersihkan dengan sabun, air, spons, atau sikat bersih. Bilas dan jemur agar kering dan terkena udara.

Sprei
Idealnya ganti sprei dua kali dalam seminggu. Ini akan membuat kasur lebih awet dan tungau susah berkembang biak.

Sepatu
Alas kaki yang satu ini memang sebaiknya dibersihkan secara rutin Ladies. Untuk membersihkan sepatu dan mencegah bau, gunakan kain kering lembut yang diberikan sabun khusus. Ini akan membunuh bakteri dan membersihkan keringat yang menyebabkan bau tak sedap. Semprotkan juga pewangi dan biarkan kering.

Sisir
Benda ini juga sebaiknya dibersihkan sesering mungkin. Ini karena ada sel-sel kulit mati menumpuk di benda itu. Caranya mudah, siapkan saja air dan campur dengan sampo. Rendam sisir semalaman dan gosok di bawah air mengalir keesokan harinya. Bilas dengan air sampai bersih.

Ponsel
Siapa sangka jika benda ini juga membawa banyak kuman. Nah, orang menggunakan ponsel sepanjang hari, bahkan di kamar mandi. Secara alami, benda itu menjadi tempat sempurna untuk bakteri dan virus. Untuk membersihkannya gunakan lap dari kain microfiber. Tambahkan beberapa tetes pembersih.

Nah Ladies, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jika ingin sehat, jangan lupa untuk menjaga kebersihan ya.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading