Ladies, Hindari 5 Kesalahan dalam Mengolah Gaji

Fimela19 Jul 2018, 11:30 WIB
Diperbarui 19 Jul 2018, 11:30 WIB

Tanggal gajian masih lama, namun uang gaji sudah menipis. Bahkan rasanya untuk bertahan hingga tanggal gajian sudah tidak bisa lagi. Hmm, jujur saja jika kamu mengalami hal demikian bisa jadi ada yang salah dalam mengatur gajimu. Kamu seringkali melakukan kesalahan saat mengolah gaji. Lalu apa yang harus kamu lakukan agar gaji kamu tetap aman hingga tanggal gajian bulan depan?

Ladies, berikut ini adalah hal yang harus kamu hindari saat mengolah gaji. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pisahkan Dana Tabungan dan Investasi

Berapa pun gaji yang kamu terima, sisihkan setidaknya 10-20 persen untuk tabungan dan investasi dalam keuangan. Kamu bisa memisahkan kedua dana dalam rekening berbeda. Cara ini akan membantu kamu untuk mengolah gaji dengan sebaik mungkin.

2. Tidak Mencatat Tagihan yang Kamu Miliki

Mulai dari mencatat tagihan terbesar kamu. Dengan mencatat besarnya tagihan akan membantu kamu untuk mengetahui berapa jumlah uang yang harus kamu sisihkan. Sepele namun sangat penting.

3. Hidup dari Kartu Kredit

Banyak yang salah dalam memaknai kartu kredit. Kartu kredit adalah alat transaksi, bukan alat utang. Kartu kredit bisa saja dijadikan kartu sakti untuk memenuhi kebutuhan rutin bulanan, tapi harus dipikirkan pula pelunasannya. Kesalahan mengelola uang yang ini sangat berbahaya untuk masa depan.

4. Terlalu Cuek dengan Jumlah Pengeluaran

Hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mengolah gaji adalah dengan mencatat semua pengeluaran. Dengan mencatat semua jumlah pengeluaran akan membantu kamu untuk lebih berhemat. Sehingga tahu mana yang benar kamu butuhkan atau sekadar keinginan.

5. Tak Memiliki Dana Darurat

Dana darurat adalah dana yang disisihkan dari penghasilan untuk jaga-jaga bila kelak terjadi hal yang tak diinginkan dan butuh dana segera. Contohnya, diri sendiri atau keluarga jatuh sakit dan perlu pertolongan segera. Dana darurat bisa diambil agar rumah sakit bisa segera bertindak. Besaran dana ini direkomendasikan 10-12 kali penghasilan. Oleh karena itu uang harus dikumpulkan sedari dini, sehingga segera tercukupi saat usia sudah di atas 30-an atau sudah berkeluarga sendiri.

Ladies, demikian 5 hal yang perlu kamu hindari saat mengolah gaji. Yuk, bijak dalam mengolah gaji. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)