Selamat Tinggal Kenangan Manis Bareng Yahoo Messenger

Fimela20 Jul 2018, 13:50 WIB
Yahoo Messenger/copyright unsplash.com/@rawpixel

Setelah 20 tahun sejak pertama kali diluncurkan, akhirnya kemarin (17/7) Yahoo Messenger resmi ditutup. Yahoo Messenger yang biasa dikenal dengan YM, pertama kali diluncurkan pada Maret 1998 sebagai Yahoo Pager, dan baru pada 21 Juni 1999, resmi bernama Yahoo Messenger. Apakah kamu salah satu pengguna aplikasi pengirim pesan ini?

Hayo, apakah kamu termasuk orang yang hapal dengan istilah ASL, BRB? Atau kamu yang suka memasang status invisible di Yahoo Messenger agar dicari atau menghindari seseorang? Atau kamu gemar mengirim Buzz dengan gambar hati ketika teman chat kamu tidak juga merespon pesan kamu?

Yahoo Messenger banyak diminati waktu itu. Seperti yang diungkap Hasna Syahida, ia menggunakan aplikasi ini sebagai sarana komunikasi sejak kelas 2 SD. Dan berlanjut hingga SMA sebagai komunikasi dengan pacarnya. Tidak hanya Hasna, Ivana editor vemale.com ini juga mengatakan jika Yahoo Messenger adalah sarana komunikasi dengan pacarnya yang berbeda kota selama 3 tahun.

"YM adalah mitra pasangan LDR. Aku 3 tahun LDR, Bogor Malang mengandalkan YM. Memanfaatkan fasilitas webcam seadanya," kata Ivana, kepada tim Vemale.

Yahoo Messenger memang istimewa saat itu, selain sebagai sarana komunikasi layanan yang diberikan YM juga unik dan lucu. Saya masih ingat sering menggunakan layanan smiley atau emoji ini. Lucunya smiley ini bisa bergerak dan smiley ada shortcut huruf yang dapat dikonversi menjadi gambar icon untuk mengekspresikan emosi.

Selain layanan smiley, Yahoo Messenger memiliki layanan public chat room. Dari public chat room ini kamu dapat join room, ada beberapa room yang dibuat sesuai dengan kesenangan kamu. Di Indonesia sendiri ada beberapa room daerah yang bisa diikuti. Kamu bisa berkenalan dan mengobrol dengan orang-orang yang ikut dalam public chat room ini. Sayangnya, tahun 2012 Yahoo Messenger mematikan layanan ini.

Yahoo Messenger memang memiliki kenangan tersendiri bagi para penggunanya. Tidak salah, karena Yahoo Messenger pernah mendekatkan jarak bagi mereka yang sedang berjauhan. Membantu menemukan teman bagi yang merasa kesepian. Membantu untuk saling menemukan bagi yang memiliki ide yang sama. Nah, kalau kamu kenangan apa yang kamu miliki dengan Yahoo Messenger? Share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)