Sukses

Lifestyle

Ternyata, 6 Hal Inilah Yang Membuat Pengajuan KPR Seseorang Rentan Ditolak

Ladies dan Mom, memiliki rumah sendiri adalah impian setiap orang. Tak peduli besar atau kecilnya ukuran rumah, yang penting memiliki rumah atas nama sendiri tentu lebih menyenangkan dan melegakan.

Namun, untuk memiliki rumah sendiri saat ini memang perlu berbagai pertimbangan dan kesiapan. Terutama dari sisi pembiayaan. Semakin hari harga rumah semakin meroket, sehingga jika tanpa persiapan jangka panjang, tentu akan menyulitkan.

Untung saja saat ini hampir semua bank di Indonesia memiliki program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sehingga memiliki rumah bukan lagi hanya angan-angan. Namun, mengajukan KPR tak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak kasus pengajuan KPR ditolak mentah-mentah oleh bank.

Sebelum mengajukan KPR, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab pengajuan KPR kamu ditolak oleh bank.

Masuk dalam daftar hitam Bank Indonesia

Untuk mengajukan KPR pastinya akan dilihat terlebih dahulu bagaimana catatan keuanganmu. Jika pernah menunggak kartu kredit atau cicilan, tentu pengajuan KPR-mu akan susah diterima karena pihak bank tidak mau mengambil risiko memberikan kredit kepada orang yang berpotensi akan mengutang lagi.

Dokumen tidak lengkap

Jika dokumenmu tidak lengkap atau tidak sesuai, maka pengajuan KPR-mu akan sulit dikabulkan. Pihak bank akan sangat teliti soal ini, maka jangan berani memalsukannya ya, Ladies! Termasuk soal slip gaji yang seringkali dipalsukan demi bisa mendapatkan kredit KPR ini.

Pendapatan belum memenuhi kriteria

Cicilan KPR biasanya mengambil 'jatah' sekitar 30 persen dari penghasilan bulanan. Jika setelah dihitung cicilan KPR 30 persen ini dinilai tidak mencukupi dari pendapatan bulanan, pengajuan KPR akan ditolak.

Masa kerja kurang dari dua tahun

Rata-rata bank memperhitungkan masa kerja karyawan untuk mengajukan KPR. Masa kerja yang disyaratkan adalah dua tahun menjadi karyawan tetap.

Usia pensiun saat cicilan KPR selesai

Bank memperhitungkan persyaratan usia pensiun saat cicilan KPR selesai, kisarannya di usia 55 tahun - 65 tahun. Maka, hitunglah usiamu hingga masa tenor selesai. Sebaiknya mulai mengajukan KPR di usia 30 tahunan, sehingga saat harus menjalani masa tenor kamu masih berada dalam usia produktif.

Itu dia 6 hal penting yang harus kamu tahu seputar mengapa pengajuan KPR ditolak bank. Keinginan memiliki rumah harus didukung dengan berbagai persiapan yang tak bisa diremehkan. Semoga informasi ini membantumu ya!

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading