Sukses

Lifestyle

Alasan Kenapa Bobot Tubuh Bertambah Setelah Melahirkan

Fimela.com, Jakarta Pernahkah sahabat Fimela bertanya-tanya mengapa perempuan setelah melahirkan terlihat lebih gemuk? Ya, memang banyak perempuan mengeluhkan bertambahnya bobot tubuh usai melahirkan.

Ada beberapa studi yang menyebut ini terjadi pada penderita tiroid. Namun ternyata, masih banyak penyebab lain yang membuat tubuh perempuan "membengkak" pasca melahikan si buah hati seperti yang dilansir Boldsky berikut.

1. Bertambahnya kalori

Studi menyebut bahwa ketika seorang perempuan hamil, dia harus dua kali lipat menambah jumlah asupan makanan. Ini karena semasa hamil harus makan banyak untuk memberi makan dua orang; si bayi dan si ibu.

2. Kurang olahraga

Perempuan hamil disarankan untuk mengikuti olahraga secara rutin misalnya yoga atau berjalan selama tiga puluh menit. Jika kurang berolahraga, risikonya dapat mengalami kenaikan berat badan yang signifikan setelah melahirkan.

3. Diabetes

Setelah ibu dengan diabetes melahirkan seorang bayi, berat badannya akan semakin bertambah. Agar tidak menjadi obesitas, lakukan perawatan medis rutin dan jaga pola makan yang seimbang.

4. Kurang tidur

Ketika usia kehamilan mencapai trimester akhir, tidur memang menjadi masalah. Sebab, seorang ibu harus bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil, perut yang mulai terasa tidak nyaman, hingga keluhan sakit kepala. Meski sulit memejamkan mata, cobalah untuk tidur nyenyak selama enam jam. Karena kurang tidur bisa meningkatkan berat badan pasca-melahirkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading