Sukses

Lifestyle

5 Amalan di Bulan Muharram, Yuk Raih Pahala Berlipat!

Bulan Muharram memiliki keistimewaannya sendiri. Banyak amalan di bulan Muharram yang bisa kita lakukan untuk meraih banyak pahala. Saatnya kita meningkatkan dan memaksimalkan ibadah kita di bulan istimewa ini.

Ada setidaknya lima amalan di bulan Muharram yang bisa kamu lakukan, ladies. Mulai dari memperbanyak dzikir hingga puasa. Berikut keterangan yang lebih lengkap.

1. Perbanyak dzikir dan amalan salih
Saatnya untuk meningkatkan ketaatan kita pada Allah SWT. Kita bisa mulai memperbanyak dzikir dan amalan salih seperti sedekah dan membaca Al Quran. Selain itu, di bulan Muharram ini kita harus benar-benar menjaga diri dan menjauhi maksiat.

2. Menyambung tali silaturahmi
Bulan ini juga bulan yang baik untuk menjalin dan menyambung kembali tali silaturahmi. Coba ingat-ingat lagi kira-kira ada siapa saja yang sudah lama tidak kamu hubungi. Semoga dengan mulai menyambung tali silaturahmi di bulan Muharram ini, hubungan kita dengan orang-orang terdekat kita bisa terus membaik di bulan-bulan selanjutnya.

3. Melaksanakan ibadah puasa sunnah asyura
Dijelaskan dalam sabda Rasulullah,
“Puasa yang paling mulia setelah puasa Ramadan adalah (berpuasa) di bulan Allah, Muharam.” (HR. Muslim)
Ibadah puasa ini dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram. Ganjarannya bisa mendapatkan pahala untuk menebus dosa selama setahun yang telah berlalu. Wah, luar biasa sekali ya keutamaan amalan di bulan Muharram yang satu ini.

Sebagian ulama juga menganjurkan untuk melaksanakan puasa tanggal 11 Muharram. “Puasalah hari Asyura’ dan jangan sama dengan model orang Yahudi. Puasalah sehari sebelumnya atau sehari setelahnya.” (HR. Ahmad, Al Bazzar).

4. Melaksanakan ibadah puasa sunnah tasu'a
Puasa tasu'a pada tanggal 9 Muharram bisa dilakukan dengan tujuan untuk menyelisihi puasa orang Yahudi Ahli Kitab. Seperti yang dikutip dari dalamislam.com, Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma mengatakan jika saat Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam berpuasa Asyuro dan menganjurkan para sahabat untuk berpuasa, mereka berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya ini adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani”. Maka beliau bersabda, “Kalau begitu tahun depan Insya Allah kita akan berpuasa juga pada hari kesembilan (Tasu’a, untuk menyelisihi Ahli kitab)”. Ibnu ‘Abbas berkata, “Belum sampai tahun berikutnya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah wafat.”

5. Melakukan muhasabah dan taubat
Perbanyak waktu untuk melakukan muhasabah atau introspeksi diri. Jangan sampai bulan Muharram ini kita lewatkan begitu saja tanpa meningkatkan ketaan kita pada Allah SWT. Saatnya untuk meninggalkan perkara-perkara yang dibenci oleh-Nya dan mulai membuka lembaran baru melakukan hal-hal yang disenangi-Nya.

Berbagai amalan salih bisa kita lakukan untuk mendapat lebih banyak pahala di bulan Muharram ini. Masih ada beberapa jenis amalan di bulan Muharram yang bisa kita lakukan, seperti menyantuini anak yatim, menjenguk orang sakit, dan mengamalkan puasa sunnah Senin-Kamis.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading