Dibuat Karena Ketidaksengajaan, Ini Asal Mula Keripik Kentang

Fimela12 Sep 2018, 12:30 WIB
copyright shutterstock.com

Siapa yang tak suka dengan camilan keripik kentang? Bisa dipastikan bahwa hampir semua orang suka dengan keripik satu ini. Rasanya yang khas dan teksturnya yang renyah, membuat banyak orang menyukai keripik kentang.

Ngomongin soal keripik kentang, ada yang menarik mengenai awal mula ditemukan atau dibuatnya keripik kentang. Melansir dari laman brilicious.brilio.net, keripik kentang ternyata dibuat pertama kali karena ketidaksengajaan. George Crum, adalah seorang pria asal New York, Amerika Serikat, yang disebut-sebut sebagai penemu sekaligus pembuat keripik kentang pertama.

George yang merupakan pria kelahiran 15 Juli 1824, menemukan olahan keripik kentang pada tahun 1853. Saat itu, George adalah seorang koki yang bekerja di restoran mewah di New York. Dari pekerjaannya inilah, secara tidak sengaja pria ini membuat dan menemukan keripik kentang.

Di tempat bekerja George, kentang goreng ala Prancis menjadi menu andalan yang diminati oleh hampir semua pelanggannya. Kentang goreng ini adalah kentang goreng yang dipotong tebal-tebal, diberi bumbu sebaik mungkin lalu digoreng dengan minyak panas. Kentang goreng yang telah matang segera diangkat dan disajikan kepada pelanggannya.

Suatu hari, ada seorang tamu yang komplain dengan sajian kentang di restoran di mana George bekerja. Tamu itu mengatakan bahwa kentang goreng buatan George terlalu tebal dan tidak enak. Geroge pun menipiskan lagi kentang goreng itu dan menyajikannya kembali. Sayang, si tamu masih juga komplain. Hingga pada akhirnya, George mengiris kentang dengan irisan setipis mungkin dan menghasilkan kentang goreng renyah dan tidak bisa diiris dengan garpu.

Dengan sajian kentang goreng super tipis dari Geroge, si tamu rupanya bahagia dan begitu puas. Sejak saat inilah, keripik kentang buatan George menjadi menu andalan di restoran tempatnya bekerja. Keripik ini sendiri saat itu diberi nama Keripik Saratoga.

Tahun 1860, George memutuskan berhenti dari pekerjaannya dan mulai membuka restorannya sendiri. Keripik kentang ciptaannya kemudian diminati banyak orang. Pada tahun 1895, ide mengemas keripik kentang datang dari William Tappendon. Keripik yang sudah dikemas dipasarkan ke publik dengan cara dititipka ke toko-toko.

Sejak saat itulah, keripik kentang menjadi olahan kentang favorit semua orang. Tak hanya di New York dan sekitarnya, keripik kentang ini juga favorit di seluruh dunia.

(vem/mim)