Cara Menyimpan Keju Agar Tidak Mudah Kering Maupun Mencair

Fimela19 Sep 2018, 15:22 WIB
copyright shutterstock.com

Keju menjadi salah satu bahan makanan yang disukai banyak orang. Rasanya yang gurih, teksturnya yang lembut dan aromanya yang khas, membuat keju begitu digemari. Karena digemari, tidak sedikit orang yang akhirnya menyimpan persediaan keju dalam jumlah cukup banyak.

Nah ladies, untuk menyimpan keju dengan jumlah cukup banyak dan agar kualitasnya tetap baik, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan. Apa saja caranya?

Simpan Keju Sesuai Jenisnya
Pastikan untuk menyimpan keju sesuai jenisnya. Ada beberapa jenis keju yang tahan lama tapi ada pula yang tak tahan lama. Untuk keju yang tak terlalu tahan lama, sebaiknya disimpan di lemari pendingin. Sementara untuk keju yang cukup tahan lama, keju ini bisa disimpan di tempat tertutup dan bersih, tidak harus di lemari es.

Jauhkan Keju dari Makanan Berbau Menyengat
Usahakan untuk menyimpan keju jauh dari makanan berbau menyengat. Kenapa? Keju yang disimpan di dekat makanan lain dengan bau menyengat, dikhawatirkan akan tertular bau makanan tersebut. Keju ini dikhawatirkan juga akan mengalami perubahan rasa.

Simpan Keju di Wadah Tertutup dan di Tempat Sejuk
Keju sebaiknya disimpan di wadah tertutup dan di tempat sejuk. Ini agar keju tidak kering. Keju yang terkena udara atau angin langsung, dikhawatirkan akan mengering. Sedangkan keju yang disimpan di tempat dengan suhu panas, ini akan meleleh atau mencair. Membungkus keju di dalam aluminium foil bisa jadi sebagai cara cerdas menyimpan keju.

Jika Keju Telah Berjamur
Apa yang harus dilakukan jika keju sudah berjamur? Tumbuhnya jamur menandakan bahwa bakteri pada keju masih bekerja dengan baik. Amati rasa dan aroma keju, jika tidak ada masalah, buang bagian keju yang berjamur dan konsumsi bagian keju yang masih baik. Tapi jika keju tidak memungkinkan untuk dimakan, buang keju tersebut.

Itulah cara menyimpan keju agar tidak mudah kering maupun berjamur. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)