Sukses

Lifestyle

Bisa Menggantikan Satu Sama Lain, Ini Bedanya Tepung Maizena dan Tapioka

Ketika memasak, ada banyak bahan makanan yang perlu dikenali agar tahu kapan bia menggunakannya dengan baik. Seperti misalnya tepung, ada beberapa jenis tepung yang perlu dikenali dan diketahui bedanya. Ada dua jenis tepung yang seringkali dianggap punya fungsi sama, yaitu tepung maizena dan tepung tapioka.

Tepung Maizena
Tepung maizena adalah tepung yang terbuat dari jagung. Oleh karena itu tepung maizena juga disebut tepung jagung. Jarang digunakan sebagai bahan utama, tepung maizena lebih sering digunakan sebagai campuran makanan sebagai bahan pengental seperti pada capcay, sup, teriyaki, fla dan berbagai makanan lainnya yang membutuhkan sup atau kuah kental. Tepung maizena juga bisa bisa dicampurkan dengan tepung terigu sebagai adonan pelapis untuk membuat gorengan keras dan renyah.

Capcay menggunakan campuran tepung maizena/copyright Pixabay.com

Tepung Tapioka
Tepung tapioka atau tepung kanji adalah tepung yang terbuat dari singkong. Tepung tapioka sifatnya lebih lengket dan padat dibanding maizena yang kental namun tidak lengket. Oleh karena itu, fungsi tepung tapioka lebih pada memberi tekstur kenyal pada makanan. Beberapa makanan yang membutuhkan tepung jenis ini adalah bakso, cilok, dan cimol.

Bakso dan siomay menggunakan tepung tapioka/copyright Pixabay.com

Kedua tepung ini bisa menggantikan satu sama lain dengan takaran yang disesuaikan. Jika kehabisan tepung maizena, bisa diganti dengan tepung tapioka namun sedikit saja karena jika terlalu banyak, akan terlalu liat dan lengket.

Nah, sekarang tahu kan apa bedanya tepung maizena dan tapioka? Yuk lebih mengenali bahan makanan di dapur kita, ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading