Nia Kurniasi, Wakil RI Pertama di Miss Universe 1974 Wafat

Fimela09 Apr 2018, 10:52 WIB
Nia Kurniasi/Brilio.net

Dunia kecantikan Indonesia berduka setelah kabar duka datang dari Nia Kurniasih. Beliau adalah wakil Indonesia pertama di Miss Universe tahun 1974.

Nia meninggal dunia Minggu, 8 April 2018 pukul 20.59 di RS Boromeus, Bandung, Jawa Barat. Kabar ini disampaikan pertama kali lewat akun Instagram @dpidamu yang merupakan Pageant Enthusiasts yang berbasis di Indonesia.

Atas wafatnya Beliau, Artika Sari Devi, yang pernah mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2005 menyampaikan belasungkawanya. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un..Selamat jalan ibu Nia Kurniasih..selamat beristirahat dengan tenang. Terimakasih sudah menjadi pembuka jalan bagi perempuan Indonesia berkompetisi di kontes kecantikan internasional," tulis Artika di kolom komentar kabar duka itu.

Dilansir dari otonomi.co,id, Nia lahir dengan nama Nia Kurniasi Ardikoesoema dan lahir di Bandung tahun 1958. Kepergiannya mewakili Indonesia di ajang bergengsi Miss Universe sempat dilarang karena kontroversi sesi busana renang.

Nia Kurniasi/Brilio.net

Padahal keikutsertaan Nia ke ajang itu sendiri bukanlah melalui seleksi di Tanah Air. Dikutip dari brilio.net, Nia melainkan ditunjuk dan diberangkatkan oleh seorang pemilik salon kecantikan Andi's Beauty, Andi Nurhayati.

Kini nama Nia tinggal kenangan. Selamat tinggal Nia, semoga amal ibadahmu diterima di sisiNya dan semua kebaikanmu diserap sebaik mungkin oleh anak cucumu.

(vem/zzu)