Sukses

Lifestyle

Herpes dan Penyebarannya

Saat ini salah satu penyakit menular seksual yang penyebarannya sangat cepat adalah herpes. Menurut menshealth.com, 90 persen populasi dunia saat ini membawa herpes dalam tubuhnya. Virus ini bersembunyi dalam badan sel syaraf dan tidak akan aktif kecuali sistem imun manusia sedang lemah.

Walaupun tidak mematikan, herpes bisa sangat mengganggu. Virus herpes mudah menular melalui kontak kulit dengan bagian-bagian tubuh yang terserang herpes. Ladies, virus Herpes sendiri dibagi atas dua jenis, yaitu:

1. Herpes Simplex Virus 1 (HSV-1, oral herpes)
Herpes type ini adalah yang paling sederhana. Virus menyerang area bibir dan mulut. Gejalanya hampir mirip seperti flu biasa.

2. Herpes Simplex Virus 2 (HSV-2, genital herpes)
Herpes type yang kedua ini menyerang daerah genital, menimbulkan gatal-gatal seperti terbakar dan bercak-bercak merah berair di area organ seksual, pantat, atau paha bagian atas. Penderita juga dilaporkan mengalami kesulitan buang air kecil dan gejala-gejala lain mirip flu.

Meskipun kedua jenis virus herpes ini menginfeksi di dua tempat berbeda, virus HSV-1 juga dapat menyerang organ genital. Begitu pula sebaliknya, virus HSV-2 dapat menginfeksi bibir dan mulut. Penyebab utamanya adalah kontak dengan kulit yang luka melalui ciuman atau oral seks.

Kedua jenis herpes ini tidak bisa disembuhkan, tetapi virusnya dapat dicegah agar tidak aktif. Caranya adalah dengan selalu menjaga imunitas tubuh, bergaya hidup sehat, menghindari paparan sinar matahari langsung dan menjauhi stress.

Oleh: Ayu Liskinasih

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading