Sukses

Lifestyle

Mengenal Seluk Beluk Diagnosis Gonorea

Ladies, Anda sudah tahu bukan bahwa gonorea merupakan salah satu penyakit menular seksual yang berbahaya? Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae ini dapat tumbuh dan berkembang biak pada membran yang berlendir pada tubuh. Sehingga infeksi gonorea dapat terjadi pada uretra, serviks atau leher rahim, rahim, anus, mulut, hingga tenggorokan.

Maka dari itu, mengambil tindakan preventif untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gonorea maupun penularannya wajib Ladies lakukan. Namun, terkadang walaupun sudah sebisa mungkin berusaha untuk mencegah penyakit ini, tanpa Anda ketahui tubuh Anda telah tertular infeksi gonorea dari pasangan Anda.

Apabila Ladies merasakan gejala-gejala gonorea terjadi pada tubuh Anda, maka segeralah berkonsultasi pada dokter Anda untuk melakukan pemeriksaan. Menurut webmd.com, untuk mendiagnosis penyakit gonorea pada tubuh Anda, dokter akan menanyakan gejala apa saja yang telah Anda rasakan.

Kemudian, dokter akan menggunakan suatu alat untuk mengambil sampel cairan dari serviks Anda sedangkan pada pria dokter akan mengambil sampel cairan dari uretra. Selain itu, dokter biasanya juga akan memeriksa tenggorokan atau anus Anda untuk memeriksa adanya infeksi pada bagian tubuh tersebut atau tidak.

Diagnosis gonorea juga dapat dilakukan dengan cara memeriksa sampel urin Anda untuk mengetahui adanya bakteri gonorea atau tidak. Setelah itu, Anda mungkin perlu menunggu beberapa hari untuk menerima hasil dari pemeriksaan yang telah Anda lakukan. Apabila Anda ternyata positif menderita gonorea, maka mintalah dokter untuk segera melakukan tindakan pengobatan.

Oleh: Lies Nureni

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading