Sukses

Lifestyle

Paiderastia, Hubungan Cinta Pria Dewasa dan Remaja Pria di Yunani Kuno

Ladies, tahu tidak sih kalau di jaman Yunani Kuno kaum homoseksual lebih bebas jika dibandingkan dengan keadaan mereka sekarang? Well, hal ini dikarenakan pada jaman itu, masyarakat tidak memandang homoseksualitas sebagai salah satu hal yang aneh dan tabu, Ladies.

Dengan banyaknya kaum homoseksual yang mendeklarasikan dirinya ke masyarakat dengan bebas, hubungan antara kaum lelaki menjadi salah satu hal yang biasa. Nah, salah satu bentuk hubungan percintaan sesama laki-laki adalah paiderastia. Hmm.., apa sih paiderastia itu?

Seperti yang ditulis dalam situs Oddee.com, paiderastia sendiri adalah sebuah istilah yang menggambarkan hubungan antara pria dewasa dengan lelaki muda pada jaman tersebut. Istilah paiderastia, dalam bahasa yunani kuno sendiri berarti “cinta lelaki remaja”.

Dalam hubungan percintaan ini, sang pria dewasa akan disebut sebagai erastes. Erastes mempunyai peran yang sangat penting bagi hubungan percintaan sejenis ini karena para Erastes bertugas sebagai pengajar, pelindung, dan seseorang yang menjadi contoh bagi pasangannya.

Pasangan remaja para Erastes disebut dengan Eromenos. Eromenos adalah remaja pria yang masih belum dewasa. Pada jaman itu, kedewasaan seorang pria dapat dilihat dari tumbuhnya jambang di wajahnya.

Sebagai rasa terima kasihnya pada sang Erastes, Eromenos “menghadiahinya” dengan kelembutan masa remajanya. Namun, situs yang sama menyebutkan bahwa meskipun pada jaman Yunani kuno hubungan antara pria dewasa dan remaja masih dianggap aneh, tidak ada sumber yang menyebutkan adanya hukuman yang diberikan oleh perlakunya.

Oleh: Nicko Putra Witjatmoko

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading