Sukses

Lifestyle

HIV Bisa Disembuhkan?

Sudah menjadi rahasia umum jika HIV/AIDS adalah penyakit yang belum diketahui obatnya. Namun, baru-baru ini ditemukan bahwa seorang bayi yang awalnya terdiagnosis terserang HIV, kini tumbuh sehat tanpa infeksi virus HIV sama sekali.

Saat terdiagnosis terkena virus HIV, bayi tersebut langsung ditangani dengan obat antiretroviral 30 jam setelah kelahiran. Pada usia 2 tahun, si anak tersebut berhenti mengkonsumsi obat-obatan HIV dan diketahui bahwa tubuhnya sudah bersih dari virus HIV.

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa bayi yang terdiagnosis HIV dapat disembuhkan dari virus mematikan tersebut.

Dari kasus tersebut, para ilmuwan bekerja meneliti faktor-faktor apa saja yang membuat bayi bisa sembuh dari HIV. Salah satu faktornya yang masih terus dipelajari adalah bahwa sistem kekebalan tubuh bayi sangat berbeda dengan orang dewasa.

Seperti dikutip dari laman webmd.boots.com, Genevieve Edwards, direktur dari Terrence Higgins Trust menuturkan bahwa kasus ini sangat menarik. Namun anak-anak yang lahir dengan HIV harus terus mendapat follow-up yang berkelanjutan.

Edwards juga berkata bahwa sebenarnya treatment terhadap HIV dapat dilakukan sejak bayi belum lahir, yaitu melalui HIV screening. Ibu hamil yang diduga menderita HIV akan diberikan anti-HIV treatment. Selain anti HIV treatment, operasi Caesar untuk melahirkan si jabang bayi dan si ibu dilarang keras untuk menyusui adalah follow-up treatment. Dengan cara-cara ini, bayi dari ibu penderita HIV memiliki kesempatan hingga 98% untuk bebas dari HIV.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading